sma

Tingkatkan Budaya Literasi, Ketua MKKS Buka Kegiatan Peringatan Hardiknas Jelang 2 Mei

Mbay, RSN- Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Fidelis Sawu, S. Fil membuka dengan resmi kegiatan lomba dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati tanggal 02 Mei 2021 mendatang, yang bertempat di Aula Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT. Selasa, (27/4/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Dewan Juri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo, Andreas Ndona, Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Nagekeo Maria Kristildys Simporosa Djawaria, Dinas Pariwisata Kabupaten Nagekeo, Sekretaris MKKS Ambrosius Biku, M.Pd, Guru Pendamping dan puluhan Peserta Lomba dari masing-masing sekolah.

Tema kegiatan tersebut yakni “Dengan Hardiknas, Kita Tingkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di Era Pandemi Covid-19”

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Fidelis Sawu, S.Fil dalam kesempatan bermartabat itu, memberikan apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya perlombaan dalam rangka Hardiknas itu.  Dirinya mengaku banyak hal yang diperoleh dari kegiatan tersebut, khususnya dalam mengasa kemampuan dan talenta anak.

Sementara Ketua Panitia Hardiknas yang juga Kepala Sekolah SMA St. Fransiskus Xaverius Boawae Bruno Kewo Ule dalam laporannya menjelaskan bahwa dengan momentum tersebut, Kegiatan hardiknas mampu mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta.

“Hari ini, dengan moment hardiknas, kita kembangkan setiap potensi anak didik kita. Merekalah Bumi Nagekeo yang akan hidup, mereka juga bagian dari Budaya Nagekeo. Dengan moto, Kolo sa toko, tali sa tebu. Filosofi ini harus hidup dalam diri kita.

Bruno menjelaskan, ada empat bidang lomba yang akan digelar diantaranya, lomba debat bahasa Indonesia, debat bahasa Inggris, lomba solo vokal putra dan putri, setra lomba cipta dan baca puisi.

“Dari keempat bidang lomba ini akan melibatkan 23 SMA di wilayah Kabupaten Nagekeo, namun yang hadir saat ini ada 18 sekolah. Dan sumber dana masing-masing sekolah sebesar 1 (satu) juta, yang diambil dari dana bos.

Mari kita belajar dari kabupaten induk kita yaitu kabupaten Ngada. Mereka sudah banyak meraih penghargaan dalam perlombaan di tingkat Provinsi maupun pusat. Karena itu, mari kita semangatkan, agar anak didik kita bisa berprestasi dan mampu mengharumkan nama baik kabupaten Nagekeo.

Sebagai Ketua panitia, saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Terimaksih untuk tuan rumah SMA Negeri Aesesa yang telah menyiapkan semuanya. Kami yakin dan percaya kegiatan ini akan sangat bermartabat, karena momen ini menjadi sangat berharga. (Kominfo Nagekeo).

Hits: 27

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *