Kunjungan di Desa Wajo1

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do Melakukan Kunjungan Kerja di Wilayah Kecamatan Keo Tengah

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do melakukan kunjungan kerjanya di Wilayah Kecamatan Keo Tengah, Kamis, 27 Mei 2021.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kadis Pertanian Oliva Monika Mogi, Kadis Peternakan Klementina Dawo, Kadis Perikanan Elias Tae , Kadis PUPR Bernard Dinus Fansiena, Camat Keo Tengah Hildagardis M.Kasi bersama jajarannya, Kabid Usaha Kecil Menengah pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Silvester Kagoa, Kabid Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Pappy Abraham Hensontian.

Kunjungan di Desa Wajo

Bapak Sipri Saju Ketua LPA, saat berdialog dengan Bupati Don menyampaikan beberapa hal memohon perhatian dan dukungan Pemerintah Kabupaten Nagekeo antara lain:
Pelebaran jalan jalur Pauijo-Wajo,
Penataan kampung adat Wajo
Listrik tenaga Surya.
Sambungan air minum dan perumahan.

Terkait beberapa hal yang merupakan keluhan tersebut ditanggapi oleh Bupati Don sebagai berikut:

Pertama, Penataan kampung adat ini
Sebetulnya saya sudah berusaha melalui BOP Labuan Bajo sudah mendatangkan arsitek bangunan tradisional di Indonesia, sudah punya nama dan untuk di Flores ini beliau sudah punya karya membantu pembangunan Wae Rebo, di sana bangun rumah lama sampai dengan penyelesaianya dan dibukukan. Pak Yorianta meminta saya kampung-kampung adat di Nagekeo mana yang dalam perencanaan pemugaran rumah adat.

Kedua terkait pelebaran jalan
Kepada anak muda, mosa nua laki Ola jaga clear and clean maksudnya anak muda yang punya kebun dikiri kanan jalan itu jangan reseh kalau mau dilebarkan, supaya waktu ini efektif jangan ada yang palang lagi.
Kalau yang pele pele jalan dia pu calon kau jangan pilih ini sudah jelas orang dengan usara salah. Saya langsung omong ini. Sudah jelas calon yang usara nya salah itu langsung dia gugur.
Orang kalau tidak memberi, tidak berkorban jangan pernah dipilih dia jadi pemimpin, itu kita hilang waktu 6 tahun memang.Kita kasih kepercayaan di tangan orang yang salah.

Jadi ini ujian berat saat kita melebarkan jalan. Butuh semua dukung, sehingga gusur dari sana ke sini bisa selesai dengan baik. Tahun ini atau tahun depan sudah bisa dianggarkan rabatnya melalui dana desa.

Ketiga, masalah lampu listrik
Pakai lampu sekarang yang pakai colok. Kalau dulu kita pakai lampu gas sekarang kita pakai lampu yang pakai cara trus dipakai.
Saran saya adalah ketika ada acara bisa pakai lampu itu, tapi kalau mau terang setiap malam, ada 6 kepala suku 6 rumah tiap malam, gantian.
Senin, Selasa, Rabu, Kamis Jumad Sabtu bagi kepada 6 kepala suku dan Minggu malam ke 7 jadi tanggungan anak muda. Anak muda harus bisa, supaya bapak bapak tua bisa merasa ada harapan kalau anak muda mengambil alih langsung tanggung jawab itu.
Sehingga malam tetap terang pakai lampu yang bisa dicas.
“Kombe terang mo ata ma’e naka tama ewo”.

Satu lagi air minum
Air ini tantangan juga.Tantangan buat penjabat kepala desa, buat 6 kepala suku ni kalau tidak bisa urus ulu Eko ni lebih baik bubar saja bapak, untuk apa jadi pemimpin kalau tidak bisa urus orang. Iya to..
Jadi melalui dana desa itu bisa dianggarkan. Menyiapkan meteran.Tiap rumah beli dari desa, sehingga uang yang masuk bisa beli lagi dan dusun dusun lain bisa dapat. Bisa dimulai dari sini. Yang urus pasang langsung hitung ke desa bayar meteran..

Agenda kunjungan kerja Bupti Don di Desa Wajo, melakukan peletakan batu rumah bantuan atas nama Bapak Benediktus Aja di Kampung Wajo, Menyerahkan bantuan kepada 7 orang penyandang disabilitas berupa 2 alat pendengar dan 5 tongkat penyangga, juga meninjau SDK Mabha Mbawa.

Bupati Don pada kunjungan kerjanya di Kecamatan Keo Tengah berkesempatan mengunjungi 4 Desa yakni, Desa Wajo, Wajo Timur, Pautola dan Ladolima. Dalam setiap kunjungan kerja nya Bupati Don melakukan berbagai agenda antara lain, mengunjungi Kelompok Wanita Tani, kelompok usaha masyarakat, Dasawisma, Karang Taruna, Penyerahan bantuan kepada penyandang Disabilitas dan peletakan batu pertama rumah layak huni( rumah bantuan pemerintah) dan lainnya.

**
Protokol dan Kompim
(Merry /Tim Humas NGK)

Hits: 26

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *