You are here: Home

Bupati Nagekeo Buka MUSRENBANG RPJMD Kabupaten Nagekeo

Musrenbang RPJMD Kabupaten NagekeoBupati Nagekeo Elias Djo, Rabu, 18 Juni 2014, membuka Acara Musyawarah Perencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nagekeo periode 2013-2018 bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Nagekeo. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marianus Poa, para Anggota DPRD Kabuapaten Nagekeo, Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo Drs. Julis Lawotan, para Asisten Sekda Nagekeo, para pimpinan SKPD, Pimpinan BUMN/BUMD, para camat dan utusan kecamatan se-Kabupaten Nagekeo, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

 

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Nagekeo periode 2013-2018 merupakan penjabaran visi, misi dan program pembangunan sekaligus sebagai cerminan konsekuensi dan konsistensi atas program pembangunan yang pernah ditawarkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo terpilih pada saat kampanye tahun 2013 yang lalu. Sesuai regulasi yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, kebijakan umum dan program satuan kerja perangkat daerah, lintas satuan kerja perangkat daerah dan program kewilayahan disertai dengan rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif. Kegiatan Musrenbang RPJMD Kabupaten Nagekeo diselenggarakan untuk memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah serta merupakan manifestasi komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan kinerja dalam mewujudkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Kabupaten Nagekeo.

 

Bupati Nagekeo Elias Djo, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa RPJMD merupakan sebuah dokumen penting yang akan menjadi acuan utama penyusunan RENSTRA SKPD, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Kebijakan Umum Anggaran yang merupakan dasar penyusunan APBD Kabupaten Nagekeo. RPJMD juga akan menjadi pedoman pembangunan di Kabupaten Nagekeo, menjadi instrument pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan serta menjadi instrument untuk mengukur tingkat pencapaian kinerja Bupati dan Wakil Bupati sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo.

 

Karena pentingnya sebuah RPJMD bagi Kabupaten Nagekeo, Bupati Nagekeo meminta agar seluruh peserta musrenbang dapat memberikan pemikiran, saran, ide dan gagasan konstruktif demi penyempurnaan dokumen RPJMD. ”Forum Musrenbang ini bertujuan untuk menyelaraskan aspirasi, memperoleh masukan dan menguatkan komitmen para pemangku kepentingan pembangunan daerah sebagai bahan penyempurnaan rancangan akhir RPJMD, karena itu para peserta harus berperan aktif dalam diskusi agar kita dapat menghasilkan produk RPJMD yang berkualitas”, demikian harapan Bupati Elias Djo. Bupati Nagekeo menegaskan agar isu-isu dan permasalahan disampaikan dalam musrenbang harus benar-benar sesuai keadaan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Nagekeo agar dapat menghasilkan sebuah rencana pembangunan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. “Semoga apapun yang kita kemukakan dan diskusikan bersama hari ini, dapat diimplementasikan dan dimanifestasikan dalam recana kerja dan rencana anggaran, sehingga menghasilkan program pembangunan yang benar-benar pro rakyat”, tegas Bupati Nagekeo.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marianus Poa dalam sambutannya menyampaikan bahwa lembaga DPRD mendukung pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Nagekeo periode 2013-2018. “RPJMD memuat arah anggaran, karena itu Lembaga DPRD mengharapkan ajar penjabaran Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo lebih difokuskan pada bidang tata pemerintahan, kesejahteraan rakyat, pendidikan, pekerjaan umum, penanaman modal, ketenagakerjaan, olah raga dan bidang penting lainnya. DPRD juga mengharapkan agar RPJMD dapat mewujudkan pembangunan yang diharapkan masyarakat”, demikian menurut Marianus Poa.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo Drs. Julis LawotanSementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo Drs. Julis Lawotan selaku Ketua Tim Penyusunan RPJMD Kabupaten Nagekeo periode 2013-2018 menyampaikan bahwa rancangan awal RPJMD Kabupaten Nagekeo periode 2013-2018 disusun secara swakelola. ” Kalau di daerah lain penyusunan RPJMD dilakukan oleh pihak ketiga, di Kabupaten Nagekeo kita susun sendiri. Sebab kita yang paling mengenal potensi, tantangan, kesempatan, kelebihan dan kekurangan kita. Kita juga yang akan melaksanakan rancangan yang termuat dalam RPJMD. Karena regulasi memungkinkan, akhirnya rancangan RPJMD disusn sendiri oleh Kabupaten Nagekeo dengan dampingan dari Universitas Widya Mandira Kupang dan Direktorat Jendral Pembangunan Daerah”, demikian penjelasan Sekda Nagekeo.

 

Visi Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo periode 2013-2018 adalah “ Terwujudnya Masyarakat Nagekeo yang Utuh, Sejahtera, Cerdas dan Sehat Berlandaskan Iman dan Budaya” dengan misi mewujudkan keutuhan masyarakat; mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat; mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas berdasarkan karakteristik budaya local; mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih dan responsive; mewujudkan peningkatan derajad kesehatan masyarakat serta meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana dasar wilayah, perdesaan/perkotaan berwawasan lingkungan. (RRW)

 

Kabid. Perencanaan Hildegardis Mutha Kasi

Peserta MUSRENBANG RPJMD Kab. Nagekeo Tahun 2014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Press Release : Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 2658 times