You are here: Home

DESA RENDUWAWO LOLOS VERIFIKASI DESA STBM

 

DESA RENDUWAWO LOLOS VERIFIKASI DESA STBM

 

 

Bupati Nagekeo Elias Djo, Kamis, 30 Oktober 2014, menghadiri deklarasi Desa Renduwawo Kecamatan Aesesa Selatan sebagai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua, pimpinan SKPD Kabupaten Nagekeo, Camat Aesesa Selatan, Manager PLAN Indonesia Program Unit Nagekeo Yahya Ado, Perwakilan AMPL Propinsi NTT Jermi Boelan dan Kepala Desa Renduwawo, Blasius Wele serta undangan lainnya. Deklarasi Desa Renduwawo sebagai Desa STBM ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Nagekeo Elias Djo disaksikan oleh Wakil Bupati Paulinus Nuwa Veto serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea.

 

 

 

Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat merupakan pendekatan dalam melakukan kampanye pola hidup bersih dan sehat melalui metode pemicuan. Prinsip STBM adalah perubahan prilaku dan non subsidi yang berarti perubahan perilaku masyarakat didorong melalui pemberdayaan masyarakat. Desa Renduwawo merupakan desa pertama dari 16 desa dampingan PLAN di Kabupaten Nagekeo yang lolos verifikasi sebagai Desa STBM karena telah berhasil menerapkan lima (5) pilar STBM secara baik. Lima pilar STBM tersebut adalah stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah rumah tangga. Keberhasilan Desa Renduwawo sebagai Desa STBM berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan tim verifikator Kecamatan Aesesa Selatan dan Kabupaten Nagekeo pada bulan September 2014 lalu.

 

 

 

Bupati Nagekeo Elias Djo dalam kesempatan tersebut menyambut baik keberhasilan Desa Renduwawo sebagai Desa STBM. “Saya berharap agar masyarakat Desa Renduwawo dapat terus menjaga kebersihan. Kebersihan yang baik akan menjamin kesehatan masyarakat” demikian harapan Bupati Nagekeo. Elias Djo juga mengharapkan agar keberhasilan Desa Renduwawo tersebut dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Nagekeo. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Manager PLAN Indonesia Program Unit Nagekeo, Yahya Ado. Yahya mengatakan bahwa keberhasilan Desa Renduwawo dalam melaksanakan STBM perlu mendapatkan apresiasi karena kondisi geografis Renduwawo cukup sulit, tetapi berkat kegigihan aparat desa dan masyarakat, akhirnya Desa Renduwawo berhasil melakukan perubahan perilaku serta menerapkan pilar-pilar STBM secara konsisten.

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 1226 times