You are here: Home

Sosialisasi Perpres Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pengadaan barang dan Jasa

AKm, Mbay, 26 Maret 2015

Kabupaten Nagekeo menyelenggarakan Sosialisasi Pereturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Lantai I Kantor Bupati Nagekeo, Kamis, 26 Maret 2015 serta diikuti oleh para Pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran (KPA), PNS bersertifikat ahli pengadaan barang dan jasa, para kontraktor maupun asosiasi kontraktor seperti Gapensi, Gapeksindo, Akaindo serta undangan lainnya. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Bajawa Raharjo Budi Kosnanto, Ketua Pengadilan Negeri Bajawa serta Kepala Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa dari Intens Learning Center Bogor, Leonardus J.E Nugroho.

 

Bupati Nagekeo Elias Djo saat membuka kegitan tersebut menyampaikan bahwa regulasi tentang pengadaan Barang dan Jasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu. “Yang terakhir adalah Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 yang lebih sederhana dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip pengadaan yang benar. Sosialisasi ini menjadi penting karena terkait berbagai perubahan yang signifikan dan berpengaruh terhadap pengadaan barang dan jasa, yang mana penyerapannya harus sesuai regulasi agar terhindar dari korupsi,” jelas Bupati Nagekeo. Elias Djo juga menyampaikan harapannya agar kehadiran narasumber yang kompeten dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengadaan barang dan jasa, terutama dari aspek hukum.

 

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Sosialisasi, Aurelius Nagi dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan sosialisasi bermaksud untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan program atau kegiatan yang berdampak pada pelayanan publik, dan untuk mengatur tata cara pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa, baik yang didanai dari sumber dana APBN maupun APBD. Selain itu Sosialisasi Perpres Nomor 4 Tahun 2015 tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan aparatur pemerintah tentang ketentuan dan tata cara pelaksanakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah serta memberikan pembekalan kepada Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan dan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan untuk memiliki kompetensi di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sesuai dengan tata nilai prinsip-prinsip pengadaan yakni efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil/tidak diskriminatif dan akuntabel serta menghindari multi tafsir dalam implementasi Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015.

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 911 times