You are here: Home

Hari Menanam Pohon Indonesia Tingkat Kabupaten Nagekeo

AKm, 3 Maret 2015 Bupati Nagekeo

Elias Djo, Selasa, 2 Maret 2015, mencanangkan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Kabupaten Nagekeo bertempat di Desa Maukeli Kecamatan Mauponggo. Pencanangan HMPI dan BMN ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Nagekeo. Turut hadir mendampingi Bupati Nagekeo Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marselinus Adjo Bupu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo Epidiana Nago,Camat Mauponggo Stefanus Tipa, Kapolsek Aesesa, Paulina Sese, para Pimpinan SKPD serta undangan lainnya.

 

Bupati Nagekeo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sebagai warga masyarakat yang berasal dari keluarga petani, dibesarkan dalam masyarakat yang hampir semuanya berprofesi sebagai petani dan hidup dalam kultur pertanian yang kental, maka pekerjaan menanam adalah hal yang lumrah dan sering dilakukan. Namun demikian, seiring dengan terjadinya perubahan iklim global, maka menanam pohon harus dikampanyekan, digalakkan dan diwajibkan untuk meredam perubahan iklim yang terus terjadi di muka bumi seiring rusaknya ekosistim bumi dengan berbagai penyebabnya.

 

“Karena bumi semakin rusak maka perlu upaya penyelematannya. Sesuai dengan Konvensi Jenewa tentang Lingkungan Hidup, semua negara di dunia diwajibkan bertanggung jawab untuk mengatasinya. Negara kita menyikapinya antara lain dengan mencanangkan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional yang kita juga melaksanakannya pada hari ini. Pohon yang hijau akan menyerap gas rumah kaca kemudian melepaskan oksigen yang dibutuhkan manusia. Karena itu maka hutan yang hijau dan rimbun selalu disebut sebagai paru-paru dunia. Walaupun mungkin usaha ini tidak sepadan dengan laju kecepatan kerusakan lingkungan, tetapi setiap kita harus menyadari bahwa masa depan bumi ini harus kita jaga mulai dari sekarang. Setiap umat manusia bertanggung jawab terhadap lingkungan di sekitarnya. Kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan harus sudah ditanam sejak dini, mulai dari kecil saat usia sekolah. Apabila setiap kita saja menanam satu orang satu pohon, maka kita dapat menghitung berapa banyak pohon yang dihasilkan dan efek positif yang ditimbulkannya. Sekecil apapun usaha kita dalam melestarikan lingkungan, akan memberikan dampak positif,” jelas Bupati Nagekeo.

 

Pada Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Kabupaten Nagekeo, Bupati Nagekeo, Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo serta segenap hadirin menanam masing-masing satu buah anakan pohon umur panjang seperti cendana dan jati.

 

Berita Bagian Administrasi Kemaasyarakatan Setda Nagekeo

E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 638 times