You are here: Home

Peletakaan Batu Pertama Pembangunan Kantor Pusat Kopdit Boawae

AKm, Mbay, 18 April 2015

Bupati Nagekeo Elias Djo melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Pusat Koperasi Kredit Boawae, Sabtu, 18 April 2015. Peletakan batu pertama tersebut disaksikan oleh Kepala Dinas Koperasi Propinsi NTT Thomas Bangke, Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marselinus F. Adjo Bupu, Wakil Presiden ACCU/Ketua Inkopdit Indonesia Romanus Woga, Vikjen Keuskupan Agung Ende Romo Cyrilus Lena, Ketua Puskopdit Flores Mandiri Eduardus Sugi, Manager Puskopdit Flores Mandiri Mikhael H. Jawa, para Pimpinan SKPD, anggota Kopdit Wolowae serta undangan lainnya. Kantor Pusat Kopdit Boawae dibangun di Nagepada Kelurahan Nagesapadhi Kecamatan Boawae. Selain kantor pusat di Boawae, Kopdit Boawae telah memiliki kantor pelayanan di beberapa wilayah antara lain Mbay, Soa, Wolowae, Golewa, Nangaroro dan Riung.

 

 

Bupati Nagekeo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kopdit Boawae mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada awal berdirinya Kopdit Boawae hanya memiliki 35 anggota dan sekarang telah memiliki 13.684 anggota. Hal ini menunjukkan bahwa koperasi merupakan bentuk usaha paling ideal, di mana anggota menjadi pemilik koperasi dengan sistem pengelolaan keuangan yang terbuka, transparan dan harus dipertanggungjawabkan setiap tahun melalui pelaksanaan RAT. “Aset awal yang hanya Rp 178.328 pada tahun 1974 menjadi Rp 85.693.103.555 (delapan puluh lima miliar enam ratus sembilan puluh tiga juta seratus tiga ribu lima ratus lima puluh lima rupiah) pada tahun 2014. Selama empat dasawarsa Kopdit Boawae terus bekerja melayani para anggotanya, menghimpun dana masyarakat, menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman, sehingga membentuk sebuah siklus tidak kasat mata, dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota” jelas Bupati Nagekeo. Elias Djo menambahkan harapan agar pembangunan Kantor Pusat Kopdit Boawae dapat menunjang peningkatn pelayanan kepada para anggota kopdit.

 

Sementara itu Ketua Kopdit Boawae, Petrus Lengi menyampaikan bahwa keberhasilan, kemajuan, perubahan dan pertumbuhan yang signifikan telah diraih Kopdit Boawae berkat kerja keras, dedikasi dan pengorbanan sejak masa para pendiri maupun dari periode kepengurusan yang satu ke periode berikutnya. Jumlah dana yang dilepas Kopdit Boawae ke masyarakat pada tahun 2014 telah mencapai Rp 74.959.724.886 dari total asset Rp 85.569.349.906. Hal itu menunjukkan uang yang ditahan dalam bentuk aset fisik dan kas hanya berkisar Rp 10 miliar lebih. Sedangkan selebihnya, katanya, dilepas sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat "Sesuai rencana kita akan membangun kantor ini dengan dana Rp 13,5 miliar bersumber dari swadaya anggota. Direncanakan bangunan tiga lantai," kata Lengi.

 

Kabupaten Nagekeo memiliki 60 koperasi. Dari 60 koperasi, 48 koperasi aktif dan 12 koperasi tidak aktif. Jumlah anggota sebanyak 41.892 orang dan menyerap tenaga kerja sebanyak 484 orang. Modal yang yang telah dihimpun sebesar Rp 188.860.619.140,- (seratus delapan puluh delapan miliar delapan ratus enam puluh juta enam ratus sembilan belas ribu seratus empat puluh rupiah) yang terdiri dari modal sendiri berupa simpanan pokok, simpanan wajib serta dana lainnya sebesar Rp 116.429.209.692,- (seratus enam belas miliar empat ratus dua puluh sembilan juta dua ratus sembilan ribu enam ratus sembilan puluh dua rupiah); dan modal luar yang berasal dari antara lain sumbangan pihak ketiga dan simpanan sukarela sebesar Rp 72.431.409.448,- (tujuh puluh dua miliar empat ratus tiga puluh satu juta empat ratus sembilan ribu empat ratus empat puluh delapan rupiah). Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh dalam tahun buku 2014 sebesar Rp 1.053.038.776,- (satu miliar lima puluh tiga juta tiga puluh delapan ribu tujuh ratus tujuh puluh enam rupiah). Dari jumlah koperasi tersebut di atas terdiri dari 6 KUD, 17 kopdit, 14 KSP, 11 Koperasi Serba Usaha (KSU), 1 koperasi karyawan, 1 koperasi wanita dan 4 koperasi produsen. Koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan sebanyak 25 koperasi.

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 1455 times