You are here: Home

Suku Noka Belu dan Pogo Atu Serahkan Lahan Untuk Pembangunan SMPN Rowa

AKm, Mbay, 5 Mei 2015

 

Suku Noka Belu dan Pogo Atu melalui fungsionaris adatnya menyerahkan tanah seluas 11.299 m2 di Dusun 3 Woloboa, Desa Rowa Kecamatan Boawae kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo untuk pembangunan SMPN Rowa. Surat pelepasan hak atas tanah tersebut diserahkan oleh perwakilan Suku Noka Belu dan Pogo Atu, Petrus Lawi dan Andreas Watu kepada Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, bertempat di SDK Rowa, Selasa, 5 Mei 2015. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea, Anggota DPRD Kabupaten Nagekeo Silvester Loye, Camat Boawae, Yosef Mane, Sekretaris Dinas PPO Kabupaten Nagekeo Festina Andriati, Kepala Bagian SDA yang diwakili Kasubag Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan Frumen Siku, Kepala Desa Rowa Petrus Lawi, para tokoh masyarakat, tokoh adat serta undangan lainnya.

 

Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Nagekeo menyambut baik inisiatif Pemerintah Desa Rowa dan segenap tokoh masyarakat di desa, khususnya dari Suku Pogo Atu dan Suku Noka Belu, yang bersedia menyediakan lahan untuk pembangunan SMPN Rowa. “Pemerintah sangat mengapresiasi niat baik Suku Pogo Atu dan Suku Noka Belu. Penyerahan tanah hari ini menunjukkan bahwa pemerataan pendidikan sudah menjadi kebutuhan warga masyarakat, dan Desa Rowa menunjukkan langkah maju dengan turut mendukung pembangunan SMPN Rowa. Apalagi, menurut hemat saya bahwa masalah tanah atau ketersediaan lahan merupakan masalah yang paling krusial dalam berbagai program pembangunan di daerah ini, tidak terkecuali pendirian sekolah,” jelas Wabup Nagekeo.

 

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea menyampaikan bahwa lembaga DPRD sangat berterima kasih dan secara ikhlas mengapresiasi niat baik Suku Pogo Atu dan Suku Noka Belu. “Ketulusan dan niat baik Suku Pogo Atu dan Suku Noka Belu merupakan berkat bagi generasi muda di Desa Rowa dan sekitarnya. Kehadiran SMPN Rowa tentunya akan memudahkan akses belajar bagi anak usia SMP di Desa Rowa dan sekitarnya,” demikian menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo. Kristianus Dua Wea menambahkan harapannya agar niat baik Suku Pogo Atu dan Suku Noka Belu dapat direspon secara cepat oleh Pemerintah Kabupaten Nagekeo dengan mulai membangun SMPN Rowa.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Rowa sekaligus Fungsionaris Adat Suku Noka Belu Petrus Lawi menyatakan bahwa Suku Pogo Atu dan Suku Noka Belu menyerahkan tanah seluas 11.299 m2 demi kemajuan generasi muda di Desa Rowa dan sekitarnya.” Kami sangat berharap agar kegiatan belajar-mengajar dapat segera dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016. Kami pun bersedia menyiapkan lahan jika pemerintah berencana membangun SMKN”, harap Petrus Lawi.

 

Suku Noka Belu dan Pogo Atu menyerahkan lahan seluas 11.299 m2 dengan perincian lahan milik Suku Noka Belu seluas 11.000 m2 dan lahan milik Suku Pogo Atu seluas 299 m2.

 

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

 

 

Read 1770 times