You are here: Home

Bupati Nagekeo Buka Diklat Menjahit dan Kewirausahaan

Mbay, AKm, 3 Agustus 2015

 

Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Nagekeo, Senin, 3 Agustus 2015 menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Menjahit dan Wirausaha Tingkat Kabupaten Nagekeo bertempat di Aula Hotel Stela Sasandi Mbay. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Nagekeo Elias Djo serta dihadiri oleh para Pimpinan SKPD Kabupaten Nagekeo, narasumber dari UPTD Loka Latih Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ende Ibu Yeny Ratna Ningsih, SAP, para peserta diklat serta undangan lainnya.

 

Diklat Keterampilan Menjahit dan Wirausaha Tingkat Kabupaten Nagekeo diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja di Kabupaten Nagekeo di bidang menjahit dan wirausaha seperti teknologi mekanik, otomotif, listrik, bangunan dan pertanian. Peserta pelatihan berjumlah 32 orang dan merupakan utusan dari 7 kecamatan di Kabupaten Nagekeo, dengan perincian 16 orang peserta pelatihan menjahit dan 16 orang peserta pelatihan kewirausahaan.

 

Bupati Nagekeo Elias Djo saat membuka kegiatan tersebut menyatakan bahwa banyak tenaga kerja produktif yang memilih untuk mencari rezeki di luar daerah maupun di luar negeri. “Padahal apabila kita memiliki keterampilan yang memadai, kita dapat bekerja di daerah sendiri bahkan menciptakan lapangan kerja. Karena itu saya sangat mengapresiasi berbagai kursus ketrampilan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk menjawabi kesenjangan yang ada maupun sebagai dasar bagi seseorang untuk berwirausaha”, jelas Bupati Nagekeo. Elias Djo berharap agar para peserta dapat mengikuti diklat dengan cermat, tekun dan giat agar kelak ilmu yang diperoleh dapat digunakan untuk mengembangkan potensi diri dan meningkatkan taraf hidup masing-masing peserta.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nagekeo juga menghimbau kepada lembaga keuangan seperti koperasi dan bank agar dapat memberikan bantuan kredit keuangan kepada para pengusaha kecil/ menengah khususnya para peserta pelatihan agar dapat mengembangkan usahanya.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Nagekeo Dra. Djawaria K.M. Simprosa menyampaikan bahwa pelatihan menjahit di Kabupaten Nagekeo telah diselenggarakan dua kali, sedangkan pelatihan kewirausahawan baru pertama kali dilaksanakan. Untuk pelatihan lainnya diupayakan untuk dilaksanakan di waktu-waktu yang akan datang “ Pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja. Saya berharap agar setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat berusaha secara mandiri serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan masyarakat di sekitar mereka”, demikian menurut Djawaria K.M. Simprosa.

 

Sementara itu Stefania Ule Ledu, peserta pelatihan menjahit dari Kecamatan Boawae menyambut gembira kegiatan pelatihan tersebut.” Saya sangat bersyukur pemerintah Kabupaten Nagekeo menyelenggarakan pelatihan ini sehingga saya dapat mengembangkan minat saya di bidang jahit-menjahit. Semoga setelah pelatihan ini saya semakin terampil dan dapat membuka usaha sendiri sebagai penjahit,” demikian harapan Stefania.

 

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 1365 times