You are here: Home

Pesta Perak SDK Olakile

Mbay, AKm, 1 Agustus 2015

Bupati Nagekeo Elias Djo, Sabtu, 1 Agustus 2015 menghadiri Syukuran Pesta Perak (50 tahun) berdirinya SDK Olakile Kecamatan Boawae. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marselinus F.Adjo Bupu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea, Vikep Bajawa Romo Yoseph Daslan, Ketua Yapersukna Romo Aster Lado, Pr, para Pimpinan SKPD, Camat Boawae Yosef Mane serta undangan lainnya.

 

SDK Olakile pada awalnya didirikan pada tahun 1929, namun karena Kampung Olakile termasuk bangunan SDK Olakile terbakar pada tahun 1941, aktifitas belajar-mengajar terpaksa dihentikan. Pada tahun 1963, SDK Olakile kembali didirikan atas inisiatif Pater Markus Moa, SVD yaitu Ketua Yayasan Vedapura dan tokoh masyarakat Bernardus Mogo.

 

Bupati Nagekeo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sekolah-sekolah Katolik memegang peran sangat penting dalam memajukan dan mencerdaskan masyarakat Flores.” Kita patut bersyukur atas kedatangan para misionaris di zaman kolonial. Saat pemerintah belum dapat mendirikan sekolah, para misionaris melalui Yayasan Katolik membangun sekolah-sekolah yang sangat berjasa dalam mencerdaskan masyarakat.” Jelas Bupati Nagekeo. Terkait dengan perayaan 50 tahun SDK Olakile, Elias Djo menyampaikan proficiat dan penghargaan atas kehadiran SDK Olakile, atas jasa dan pengabdian para guru yang tentunya telah menghasilkan ribuan alumni.

 

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marselinus F. Adjo Bupu menyatakan bahwa menilik usia SDK Olakile yang telah mencapaiangka 50 tahun, tentunya telah sangat berjasa dalam mencetak alumni dalam profesi yang beragam. “Pesta perak menjadi moment refleksi bagi kita untuk mensyukuri keberadaan SDK Olakile berserta sejarah panjang dunia pendidikan kita. Belajar dari sejarah SDK Olakile yang pernah terhenti aktifitas belajar-mengajar karena kebakaran tetapi kemudian dibangun kembali, semoga semangat yang sama menjiwai dunia pendidikan kita di Nagekeo agar tetap berusaha dalam keterbatasan demi mewujudkan Nagekeo yang maju, cerdas dan sejahtera”, demikian menurut Ketua DPRD Kabupaaten Nagekeo.

 

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 1307 times