You are here: Home

BUPATI NAGEKEO RESMIKAN PABRIK GARAM BERYODIUM


Bupati Nagekeo Elias Djo bersama Ketua dan Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nagekeo, Marselinus Fabianus Ajo Bupu dan Kristianus Dua Wea, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Garam Konsumsi di Dusun Perengatin Desa Nggolonio, Kecamatan Aesesa, Senin (23/5). Hadir pula sejumlah anggota DPRD dan pimpinan SKPD Nagekeo, juga utusan Direktur Utama PT Chettam Garam Indonesia Sam Ashari Harahap, Pimpinan TNI, Pimpinan Polri, Masyarakat Adat (Bapak Bernabas Jawa, Bapak Marselinus Lepa dan Bapak Petrus Nanti), Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

 

Dengan peletakan batu pertama ini membuktikan kepada seluruh masyarakat Nagekeo tentang keseriusan Pemerintah dan PT Cheetam Garam Indonesia dalam pengembangan komoditi garam sebagai komoditi unggulan Kabupaten Nagekeo. Pabrik Garam Industri beryodium yang teruji kualitasnya di level nasional dan internasional ini ditandai dengan seremoni adat masyarakat setempat Ketua Suku Perengating dan Pemberkatan Batu Pertama, sekaligus Pemberkatan Lokasi yang akan dibangun pabrik tersebut oleh Pastor Paroki Stella Maris Danga yang juga adalah Wakil Vikel Bajawa, RD Dominikus De Dowa, Pr.

 

Bupati Nagekeo Elias Djo secara optimis mengatakan, garam akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Daerah dan Masyarakat Nagekeo. Upaya untuk meningkatkan kualitas garam, dilakukan melalui pengelolaan secara modern. Selanjutnya Bupati Nagekeo menggarisbawahi, manfaat dari kehadiran pabrik Garam tersebut, yakni selain pengolahan garam yang lebih baik, menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan dan memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat, juga pemberdayaan masyarakat sekitarnya melalui pembentukan koperasi garam.

 

Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo di dalam sambutannya mengatakan, lahan Garam di Kabupaten Nagekeo merupakan salah satu lokasi terbaik dari sekian banyak lokasi yang diteliti untuk pengembangan garam industri di Indonesia. Menurutnya, faktor yang mempengaruhi pembangunan Garam ini, karena kualitas dan manfaat yang menjanjikan. Potensi lahan garam di Kabupaten Nagekeo bersama PT Cheetam Garam Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah, antara lain Desa Nggolonio, Kelurahan Mbay II dan sebagian di Kecamatan Wolowae harus didukung oleh kita semua.

 

 

 

 

Mbay, AKm 3 Juni 2016

Oleh ADJ Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 865 times