You are here: Home

SUKU GODHO DAN SUKU ANABAI DUKUNG WADUK LAMBO

Bupati Nagekeo Elias Djo dan Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, bersama  ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo, Epidiana Nago Djo beserta para Aparatur Sipil Negara yang hadir melakukan pendekatan budaya ke Suku Godho berkaitan dengan Rencana Pembangunan Waduk Lambo. Pendekatan budaya ini berlangsung pada Kamis, 2 Juni 2016, di Kampung Sipi, Desa Ulu Pulu, Kecamatan Nangaroro.

Pertemuan secara budaya ini difasilitasi oleh Drs. Gaspar Djawa dan Gaspar Taka, S.Pd sebagai mediator atau Tuta Mosa Zoka Laki, Dhidhi wiwi Leta lema yang dihadiri langsung oleh Ketua Suku, Mosa Bo’a Laki Ola, keka bo’a Ulu eko, Sipi, Wolo sabi, Labo Kate dan Ae Meze beserta suku-suku di dalam kampung itu. Sebagai Ketua Suku, Mosa bo’a Laki Ola, da Tau Wuku Ulu Enga Eko, Bapak Frans Dhosa Teke, melakukan dialog dalam bahasa adat mempertanyakan tujuan kehadiran Bupati Nagekeo Elias Djo dan Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, beserta rombongan dalam pertemuan tersebut.

 Bupati Nagekeo Elias Djo dan Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto dalam arahan, menyampaikan bahwa mau meminta izin kepada Suku Godho dan segenap warga masyarakat Sipi, Wolo sabi, Labo kate, Ae Meze untuk memberikan kesempatan bagi tim pengkaji waduk lambo bisa melakukan survei lokasi pembuatan waduk. Kehadiran ini disambut baik oleh masyarakat Suku Godho dan memberi respon positif. " Pada prinsinya kami memberi Izin dan menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah," kata  Frans Dhosa selaku Ketua Suku Godho.

Bapak Frans Dhosa juga menambahkan, kami harap kepada dengan pembangunan Waduk ini, ma’e tau susa kami (Jangan menyusahkan kami), bholo mo’o tau sejahtera masyarakat, tau kami muzi modhe (tetapi untuk kesejahteraan dan supaya kami hidup Baik). Pernyataan ini juga didukung oleh Bapak Fransiskus Djulu Laga, Bapak Fredi Sema, Bapak Vinsen Riwu dan Bapak Servasius Lopi.

Pendekatan Budaya yang sama juga dilakukan oleh Bupati Nagekeo Elias Djo, Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo, Epidiana Nago Djo, beserta rombongan kepada Masyarakat Suku Anabai, Sabtu, 4 Juni 2016 di Kampung Malabo, Masudari Desa Ulu Pulu Kecamatan Nangaroro.

Masyarakat Suku Anabai juga sangat mendukung pelaksanaan survei pembuatan Waduk oleh Tim pengkaji di lokasi yang direncanakan. Hal ini disampaikan langsung oleh Bapak Alo Sina yang mewakili Masyarakat Anabai, Malabo, Masudari, Watugegha dan sekitarnya, serta menjadi penyambung lidah dari Bapak Titus Watu, Bapak Ambros Kasa dan Bapak Frans Kogha.

 

 

 

Mbay, Akm, 06 Juni 2016

By ADJ Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email:   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 742 times