You are here: Home

NDOTO YUNIOR HARUMKAN NAMA NTT

 

Provinsi Nusa Tenggara Timur patut berbangga, karena 8 anak Desa dari Sekolah Dasar Katolik Mabhambawa, kampung kecil Wajo, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo telah mengharumkan nama NTT dengan menjuarai Festival Budaya Musik Tradisional Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Palu, Silawesi Tengah, tanggal 22-23 April 2016.

Bupati Nagekeo Elias Djo mengatakan bahwa keikutsertaan Musik Sanggar Ndoto dalam ajang ini merupakan manifestasi usaha kita bersama untuk mengangkat, memajukan dan melestarikan musik tradisional Nagekeo sebagai warisan leluhur Nagekeo yang patut dijaga, dikembangkan dan dilestarikan. Selain itu, ajang ini juga bagian dari promosi, memperkenalkan seni dan budaya ke daerah lain, baik di tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional.

Bupati Nagekeo Elias Djo juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada orang tua, sekolah/para guru, Pengurus Sanggar Ndoto, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta semua pihak yang telah berpartisipasi dan memfasilitasi Anak-anak Sanggar Ndoto mengikuti kegiatan ini.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo, Kristianus Dua Wea juga mengatakan Lembaga DPRD Kabupaten Nagekeo patut mengapresiasikan perjuangan dari duta-duta cilik Nagekeo dengan selalu berpihak dalam kebijakan anggaran, serta senantiasa merespon dan mendukung setiap kegiatan yang berkaitan dengan Kebudayaan dan Pariwisata. Beliau menambahkan bahwa Lembaga DPRD Kabupaten Nagekeo melalui Komisi C telah mengambil bagian secara langsung dalam kegiatan Festival pergelaran Musik Tradisional tersebut.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nagekeo, Silvester Teda Sada, dalam laporannya mengatakan bahwa Sanggar Ndoto adalah salah satu sanggar binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nagekeo, di antara 33 sanggar yang ada di Kabupaten Nagekeo. Dinas Kebudayaan dan Pariwasata lebih memilih Sanggar Ndoto tampil di even Nasional, karena sanggar ini memiliki produk seni musik yang unik, sangat tradisional dan orisinal yang dimainkan oleh anak-anak usia 8 sampai 12 tahun atau kelas 2 sampai kelas 6 Sekolah Dasar yang secara kebetulan sesuai ketentuan dan persyaratan Panitia Penyelenggara Festival.

 

Acara pembukaan grand opening berlangsung pada tanggal 22 April 2016, pada pukul 16.00 Wita yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktur Kesenian, Ibu Endang Caturwati. Sanggar Ndoto tampil memukau dan mengundang kagum para penonton, para peserta, serta juri tim penilai, di mana hari pertama kompetisi tampil 18 peserta dari 18 provinsi dan tersisa pada hari kedua sebanyak 16 peserta dari 16 provinsi. Penampilan hari terakhir yang gemilang, Sanggar Ndoto berhasil meraih prestasi sebagai juara pertama di antara 5 peserta terakhir penyaji musik terbaik dari NTT, Yogyakarta, Bengkulu, Sumatra Utara dan Sulewasi Utara.

 

 

 Mbay, Akm, 07 Juni 2016

By ADJ Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email:    This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 890 times