You are here: Home

Satu lagi kapal Pelni merapat di Marapokot

Bupati Nagekeo,Elias Djo, menerima Nahkoda KM.Egon ketika melakukan labuh perdana. Bupati Nagekeo,Elias Djo, menerima Nahkoda KM.Egon ketika melakukan labuh perdana.

 Dalam rangka memperluas akses transportasi melalui laut, PT. Pelni (Persero) mulai mengoperasikan satu unit kapal roro ke pelabuhan Marapokot.

 

Kapal tersebut adalah KM. Egon yang mulai beroperasi di Marapokot pada awal bulan April.

 

Sekali berlayar KM Egon mampu mengangkut 700-1.000 penumpang, 15-20 kendaraan kecil, 22 mobil ekspedisi, 30 unit kendaraan roda dua dan empat unit alat berat.

 

Sejak peresmian pelabuhan Marapokot oleh Bupati Nagekeo, Elias Djo, 11 April 2016, KM Egon melayani pelayaran dengan rute Pelabuhan Perak-Surabaya, Pelabuhan Labuan Bajo-Manggarai Barat, Pelabuhan Maropokot-Nagekeo, Pelabuhan Makasar-Sulawesi Selatan dan sebaliknya.

 

Di sela acara labuh perdana Km Egon, Bupati Elias Djo mengatakan, kehadiran KM Egon merupakan kontribusi yang besar bagi masyarakat Nagekeo.

 

" Inilah kesempatan bagi pengusaha untuk berpartisipasi. Kami mengundang para pengusaha angkutan ekspedisi untuk menggunakan pelabuhan Marapokot sebagai pelabuhan keberangkatan ataupun sebaliknya", ungkapnya.

 

Menurut Bupati, pelabuhan Marapokot telah melalui survey yang matang dari pihak PT Pelni untuk disinggahi kapal roro. Diharapkannya, masyarakat Nagekeo ataupun dikabupaten sekitar dapat menggunakan jasa pelayaran melalui Marapokot.

 

"Sekarang sudah lebih mudah menuju ke Makasar ataupun Surabaya dengan biaya murah. Anak-anak yang mau kuliah sudah pasti akan tertolong dengan adanya pelayaran KM Egon ini", lanjutnya.

 

Sementara itu, ketua DPRD Nagekeo, Marselinus Fabianus Ajo Bupu mengatakan, fasilitas penunjang dipelabuhan Marapokot saat ini sudah memadai. Sementara terkait dengan fasilitas air bersih yang sering dikeluhkan, dia mengungkapkan bahwa pihak Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SPAM Nagekeo dalam tahap menyediakan jaringan air bersih ke pelabuhan Marapokot.

 

Hadirnya KM Egon telah menambah jumlah kapal Pelni menjadi dua yang menyinggahi pelabuhan Marapokot. Sebelumnya, hanya KM Willis yang melayani rute pelayaran Marapokot-Makasar-Surabaya. KM Egon sendiri akan menyinggahi Marapokot sebanyak satu kali setiap dua minggu.

 

 (Foto&Teks oleh Yanto Mana Tappi - Bid.Kominfo Nagekeo)

Read 1180 times