You are here: Home

GUBERNUR NTT RESMIKAN SMA NEGERI 1 BOAWAE

 

 

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meresmikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Boawae yang berlokasi di Desa Raja Timur, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Selasa, 24 Mei 2016. Pendefenitifan SMAN 1 Boawae ini ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan gedung sekolah oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan didampingi oleh Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno, Wakil Ketua Provinsi DPRD NTT Aleks Ofong, Anggota DPRD Provinsi NTT Agustinus Lobo dan Thomas Tiba Owa, Bupati Nagekeo Elias Djo, Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Marselinus Fabianus Ajo Bupu, serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea.

Sebelum dilakukan peresmian SMAN 1 Boawae, telah diawali dengan ritual adat pa bhada (pemotongan kerbau) untuk memohon restu para leluhur dan Perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin langsung oleh Romo Vikep Bajawa, RD Yosep Daslan, Pr sebagai ungkapan syukur dan mohon berkat dari Tuhan terhadap lembaga pendidikan tersebut.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran beliau dalam meresmikan SMAN 1 Boawae merupakan bentuk tanggungjawab Pemerintah Provinsi NTT terhadap pendidikan di NTT. Beliau menegaskan bahwa semua anak NTT harus bisa sekolah dan menjangkau pendidikan tinggi untuk bisa menghadapi tantangan di masa mendatang. Pada saat itu juga, Gubernur Frans menerima tiga usulan sekolah baru, SMA Negeri 2 Aesesa di Boanio, SMA Negeri 3 Aesesa di Nggolonio dan SMA Negeri 2 Keo Tengah di Witu.

Bupati Nagekeo, Elias Djo di dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran SMAN 1 Boawae di Raja Timur merupakan upaya Pemerintah untuk mendekatkan pelayanan pendidikan, sekaligus menampung anak-anak usia sekolah di Raja dan sekitarnya, mencegah putus sekolah atau droup out, serta mengurangi pengangguran di wilayah tersebut. Beliau menegaskan juga bahwa sekolah ini telah memenuhi berbagai persyaratan sebagai sekolah defenitif, saat ini jumlah siswa sebanyak 173 siswa dengan 8 Guru PNS dan 13 Guru Honorer.

Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo, Marselinus Fabianus Ajo Bupu dalam sambutannya juga menambahkan, adanya SMAN 1 Boawae ini sangat membantu anak-anak di Raja dan 6 Desa di sekitarnya yang hendak melanjutkan pendidikan ke SMA, karena jarak tempuh yang jauh dan topografi yang sulit bagi mereka. Beliau juga mengungkapkan bahwa kondisi ini harus menjadi perhatian kita bersama.

 

 

Mbay, Akm, 08 Juni 2016

By ADJ Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email:     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 1017 times