You are here: Home

SEKRETARIS JENDERAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RESMIKAN 9 PELABUAHAN DI NTT

               

Sembilan Pelabuhan di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Sugihardjo pada Selasa, 31 Mei 2016 di Pelabuhan Marapokot, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi NTT. Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene peresmian dan penandatanganan 9 prasasti oleh Sekjen Kemenhub RI Sugihardjo, yang didampingi oleh Bupati Nagekeo Elias Djo, Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, Wakil Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Obed Naitboho, Kapolres Ngada Wandy Nurwandi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea dan Direktur Pelabuhan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Mauritz. Hadir pula pada kesempatan itu, segenap Kepala Pelabuhan yang diresmikan tersebut, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Pimpinan SKPD, Paduan Suara SMA Swasta Katolik Baleriwu Danga dan Warga Masyarakat Nagekeo.

Sembilan Pelabuhan yang diresmikan itu, antara lain: Pelabuhan Marapokot di Kabupaten Nagekeo, Pelabuhan Wuring dan Palue di Kabupaten Sikka, Pelabuhan Lamakera dan Terong di Kabupaten Flores Timur, Pelabuhan Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Pelabuhan Naikliu di Kabupaten Kupang dan Pelabuhan Kolbano di Kabupaten TTS.

Sekjen Sugihardjo, dalam sambutannya mengatakan, Pembangunan di Wilayah Jawa dan Wilayah Barat adalah masa lalu, sedangkan pembangunan Indonesia di masa depan diprioritaskan di Wilayah Indonesia Timur, termasuk NTT. Hal ini sesuai program Presiden Jokowi, yakni Nawa Cita, bahwa pembangunan dan perbaikan infrastruktur pelabuhan, serta transportasi laut akan dilakukan dari pinggiran daerah-daerah terluar untuk meningkatkan pelayanan angkutan perintis dan angkutan barang. Beliau menambahkan, Tol Laut harus dijalankan juga di NTT, agar ada kepastian dalam pendistribusian barang, sehingga dapat menurunkan harga barang di Daerah. Beliau juga menyampaikan, Pelabuhan Marapokot memiliki daratan terpanjang dan terluas, dengan luas 157 x 8 meter, kedalaman 6-7 meter, sehingga kekuatannya mencapai 3000 ton mati.

Bupati Nagekeo Elias Djo, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Sugihardjo, atas kesediaannya untuk datang, mendukung dan meresmikan 9 pelabuhan di Provinsi NTT, termasuk Pelabuhan Laut Maropokot Kabupaten Nagekeo. Peristiwa tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Nagekeo, karena Kabupaten Nagekeo telah dipilih sebagai tempat pelaksanaan peresmian simbolis dari 9 pelabuhan di Provinsi NTT. Kehadiran pelabuhan Marapokot akan sangat mendukung program-program Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan berbagai sektor kehidupan masyarakat, baik itu sektor ekonomi, mobilitas penduduk, pertanian, peternakan, sosial dan budaya, terutama pengembangan 3 komoditi unggul Kabupaten Nagekeo, yaitu jagung, ternak dan garam. Dalam konsep pembangunan ke depan, Pelabuhan Maropokot direncanakan sebagai pelabuhan regional pengumpan, yang dalam jangka panjang akan dijadikan pelabuhan Nasional. Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo tentunya akan terus berjuang untuk melakukan berbagai pembenahan dan pengembangan dalam mendukung perencanaan tersebut.

  

Mbay, Akm, 09 Juni 2016

By ADJ Administrator Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo

Email:      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 682 times