You are here: Home

Nagekeo gelar apel " Nusantara Bersatu "

Doa bersama dalam apel "Nusantara Bersatu" oleh  perwakilan tiga agama Doa bersama dalam apel "Nusantara Bersatu" oleh perwakilan tiga agama

 

Ratusan masyarakat dari berbagai utusan profesi menggelar apel " Nusantara Bersatu " dihalaman kantor Bupati Nagekeo, Rabu 30/11. Apel dimulai pada pukul 08.30 pagi dengan diisi sejumlah orasi dan lagu-lagu kebangsaan. Seluruh peserta mengenakan ikat kepala merah putih.

 

Orasi awal dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nagekeo, Andreas Ndona, yang mengajak masyarakat memaknai filosofi Bhineka Tunggal Ika dan lebih mengamalkan nilai pancasila.

 

Salah satu siswi SMA Negeri Aesesa ikut tampil dihadapan peserta menyampaikan orasinya yang disambut dengan tepukan tangan peserta. Dalam orasinya, siswi tersebut atas nama generasi pelajar mengungkapkan keprihatinnya akan nasib bangsa yang kian diterpa oleh isu-isu dari berbagai sentimen. Untuk itu, diminta kepada berbagai lapisan masyarakat dan kepentingan lebih mengutamakan kebersamaan dalam perbedaan dengan berlandas pada dasar negara pancasila.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Nagekeo, Paulinus Nuwa, dalam amanatnya mengajak setiap masyarakat kembali memaknai 4 pilar bangsa ( NKRI, UUD 45, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika ). Pilar tersebut merupakan landasan dan penyanggah dalam keharmonisan hidup bernegara.

 

Menurutnya, apel " Nusantara Bersatu "  merupakan ungkapan komitmen untuk menjaga keutuhan bangsa.

 

" Sekarang saatnya kita menjaga pilar NKRI dengan saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan. Saya ajak masyarakat dari berbagai generasi jangan mudah terprofokasi dengan berbagai isu yang memecah belah persatuan. "  Mari kita lawan dengan semangat NKRI ", tegas Paulinus, yang disambut tepuk tangan dan pekik merdeka dari peserta apel.

 

Apel yang digelar sekitar 1 jam tersebut ditutup dengan doa bersama oleh tiga orang perwakilan agama. Selanjutnya seluruh peserta melakukan tarian Ja'i bersama dihalaman kantor Bupati.

 

Apel " Nusantara Bersatu " merupakan salah satu kegiatan antisipasi keamanan dan ketertiban daerah yang dilakukan serentak diseluruh kabupaten - kota di NTT. Sebelumnya, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya telah menghimbau seluruh Walikota dan Bupati se-NTT untuk melaksanakan apel serentak pada hari Rabu, 30/11 dengan thema " Nusantara Bersatu". Hal yang sama juga dilakukan hampir diseluruh daerah dinusantara dengan apel dan parade perdamaian.

 

( Yanto Mana Tappi, Bid. Kominfo )

Read 1203 times