Meriahkan Hardiknas, SMA Se- Kabupaten Nagekeo Gelar Aneka Perlombaan

Mbay, nagekeokab.go.id -Dalam rangka meramai riahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2021, Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mbay se wilayah Kabupaten Nagekeo menggelar aneka perlombaan yang diselenggarakan sejak tanggal 26 hingga 28 April 2021 mendatang.

Aneka perlombaan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat edaran yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu yang lalu, dalam rangka memperingati hardiknas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Ambrosius Biku, M.Pd kepada RSN saat ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa, (27 April 2021)

Aby sapaan akrabnya ini, mengatakan untuk Kabupaten Nagekeo sendiri merupakan Ajang Perlombaan perdana yang diselenggarakan. Ia mengatakan SMA Negeri 1 Aesesa menjadi tuan rumah untuk kegiatan Hardiknas.

Menurutnya dengan terlaksananya kegiatan Hardiknas, Kabupaten Nagekeo harus mampu mengimbangi dengan kabupaten lain.

“Ini merupakan moment yang tepat. Oleh karena itu, pihak sekolah sudah menyiapkan sejak 1 bulan terakhir untuk kegiatan perlombaan. Saya meyakini bahwa kegiatan ini harus sukses. Dan siswa/siswi peserta lomba dari masing-masing sekolah sudah menyiapkan secara matang untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Mereka saat ini tampak siap, dan mereka punya kemampuan, bakat dan talenta yang dimiliki oleh masing-masing mereka. Untuk itu, saat ini kita sangat dibatasi dengan adanya Covid-19. Jadi sebenarnya antusias dari setiap sekolah sangat tinggi. Dan saat ini yang hadir ada 18 sekolah yang hadir,  dari 23 sekolah termasuk MAN dan MAS. Tambahnya.

Tampak Sumringah, Aby berharap bahwa moment ini merupakan moment yang tepat untuk siswa berekspresi. Sehingga, kata Dia bakat yang dimiliki oleh masing-masing siswa harus mampu berkompetisi nantinya dangan sekolah-sekolah yang lain.

Lebih lanjut, Aby menambahkan bahwa, selain perlombaan, namun moment tersebut harus menjadi ajang para guru untuk melihat kemampuan serta kompetensi yang harus dimiliki oleh masing-masing siswa.

“Momen ini, bukan untuk moment untuk melihat rivalitas sekolah mana yang hebat, tetapi kita semua memiliki visi misi yang sama dan kompetensi yang dimiliki siswa itu juga harus sama. Sehingga mereka bisa bersaing ke level yang lebih tinggi nantinya. Itu harapan saya. Iapun mengajak semua guru untuk sama-sama membangun pendidikan yang berkualitas khususnya di Kabupaten Nagekeo.

Lebih lanjut, Aby menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari.

“Kegiatan ini sudah berjalan mulai dari kemarin (26 April 2021). Itu kita mulai dari technical meeting, dan hari ini pembukaan. Sebenarnya 1 minggu untuk kegiatan ini. Tetapi karena keterbatasan waktu dan situasi yang dihadapi oleh teman-teman guru,  makanya waktu kita persingkat.

Untuk sumber dana kegiatan Perlombaan ini, kita diperbolehkan dari Provinsi, yaitu dari dana Bos. Dan setiap sekolah diwajibkan 1.000.000 juta. Seharusnya alokasi dana harus lebih, sehingga kegiatan ini benar-benar matang dan kelihatanya lebih hidup. Saya juga berharap di moment Hardiknas ini, menjadi moment bagi semua orang. Katanya. (Kominfo Nagekeo).

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 220

Translate »