Upacara Peringati Hut RI Ke 76, Bupati Don Mengajak untuk Berjuang Melawan Belenggu Kemiskinan, Kemalasan dan Ketertinggalan

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do menghimbau dan mengajak untuk berjuang melawan belenggu kemiskinan, kemalasan dan ketertinggalan serta mengambil peran dalam kemajuan Kabupaten Nagekeo. Selasa (17/08/2021).

Dalam pidatonya di Halaman Kantor Bupati Nagekeo, Bupati Don mengatakan dalam memaknai peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 seyogyanya kita untuk melakukan refleksi diri, merenung, dan introspeksi apa yang kita telah perbuat untuk mengisi kemerdekaan pada tanah air yang kita cintai.

“Oleh karena itu rangkaian HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia yang sedang kita laksanakan pada hari ini kita diberikan udara yang sejuk dan mendung yang bagus. Begitu banyak kita telah melalui masa-masa sulit, sebagai bangsa yang beradat dan berbudaya Presiden Soekarno dalam pidatonya mengingatkan kita akan kewaspadaan dengan mengatakan bahwa, perjuanganku lebih mudah, karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit, karena melawan bangsamu sendiri. Ungkapan ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan merupakan sebuah peluang dan tantangan.

Kita semua terpanggil untuk menjadi pejuang versi baru untuk kebebasan dari belenggu kemiskinan, kemalasan dan ketertinggalan. Ini merupakan wasiat agar kita menjadi garda terdepan bangsa ini.

Melalui momentum peringatan kemerdekaan ini, Ia juga mengajak untuk senantiasa menjaga semangat nasionalisme dan menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan. “

Lebih lanjut, Bupati Don menjelaskan pemilihan Tema HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dengan mengusung tagline “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” menggambarkan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dengan nilai gotong royong dalam menempuh perjalanan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Sejalan dengan visi Kabupaten Nagekeo mewujudkan pembangunan Nagekeo yang sejahtera, nyaman dan bermartabat melalui pembangunan sektor pertanian dan pariwisata.

“Oleh karena itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Nagekeo untuk ikut mengambil peran dan tanggung jawab dalam membangun ketangguhan diri, kemajuan pribadinya dengan hal hal yang baik, membangun wilayah sekitarnya ikut ambil bagian dalam pembangunan Nagekeo agar Nagekeo semakin maju disegala sektor dan segala bidang pada saat ini dan masa depan. Dan semua akan indah pada waktunya” Ungkapnya.

Bupati Don menjelaskan salah satu langkah nyata yang harus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat Nagekeo adalah mendukung berbagai program nasional, provinsi dan pemerintah Nagekeo dan menjaga kestabilan keamanan daerah serta merawat empat pilar Bangsa Indonesia yaitu Pancasila, Bhinneka tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945, dan NKRI.

“Mengakhiri pidato ini saya ingin mengajak setiap masyarakat Nagekeo untuk menyambut, merayakan Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan menanamkan semangat perjuangan dan persatuan untuk mewujudkan masyarakat Nagekeo maju dan sejahtera. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberkati segala perjuangan dan upaya kita bersama” pungkasnya.

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 158

Translate »