Bupati Don Resmikan TK Negeri Nagerawe

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do meresmikan Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Nagerawe, Kamis, (23/9/2021) di Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo.

Peresmian tersebut, ditandai dengan pengguntingan Pita, pembukaan tirai nama dan sekaligus penyerahan SK (Surat Keputusan) oleh Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do.

Bupati Don dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Nagekeo menyambut baik perubahan status dari TK Satap Tunas Muda Nagerawe menjadi TK Negeri Nagerawe di Kecamatan Boawae ini.

Ia meyakini, lembaga pendidikan tersebut mampu melahirkan generasi yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Nagekeo.

“Saya yakin dari lembaga pendidikan ini akan lahir generasi yang kedepannya mampu membawa kemajuan dan kesejehateraan bagi masyarakat” ujarnya.

Bupati Don menegaskan agar anak mendapatkan mutu dan pengetahuan yang baik, lebih khusus anak perempuan saat memasuki usia remaja.

“Pada saat ia lahir dari kandungan ibunya ia telah mengekspresikan dirinya dalam bentuk tangis atau gerakan-gerakan tertentu. Tangis atau gerakan yang tanpa latihan itu menggambarkan bahwa anak sejak lahir telah memiliki potensi untuk berkembang. Kita perhatikan anak perempuan kita, bahwa anak perempuan yang memasuki masa haid. Orang tua perlu memperhatikan tumbuh kembang anak dan gizi anak, sejak 1000 Hari pertama lahir di kehidupan ini. Jadi Pertumbuhan mereka harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah”.

Bupati Don menambahkan, dalam mendukung Paud ini, kita mengundang lembaga lain untuk bersama-sama membangun Paud.

Lebih lanjut, Bupati Don juga mengingatkan, literasi numerasi ini menjadi penting agar kita dapat memahami dunia yang penuh angka dan data. Selain itu agar kita dapat berpikir rasional, sistematis, kritis dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dalam berbagai konteks.

“Agar literasi dasar anak mulai dari usia dini. Kelas 1, 2 dan 3 menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa daerah. Anak harus tau suku kata, guru kelas awal perlu melakukan pendampingan untuk anak-anak agar anak bisa belajar dan membaca dengan baik. Anak harus membaca buka minimal setahun 52 buku yang harus dibacakan anak. Pastikan kelas awal literasi anak selesai.

Ketua Panitia Kegiatan Peresmian TK Negeri Nagerawe, Severinus Meo dalam sambutan menjelaskan dengan bertambahnya TK Negeri maka Kabupaten Nagekeo yang saat ini telah memiliki 27 akses berbagai program pemerintah khususnya akses sarana prasarana, bantuan guru ASN, maupun bantuan keuangan yang bersumber dari pemerintah pusat maupun daerah.

“Secara umum bantuan pemerintah pusat yang diakses oleh satuan pendidikan negeri maupun swasta baru terbatas adanya Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dengan jumlah dana dihitung berdasarkan jumlah siswa yang ditampung di kali Rp.600.000”.

Severinus menjelaskan, TK Nagerawe sendiri didirikan pada tahun 2007 di Desa Nagerawe, sebelumnya dengan nama TK Satap Tunas Muda Nagerawe.

“TK Nagerawe didirikan pada tahun 2007. Jumlah siswa saat ini sebanyak 42 orang, jumlah guru sebanyak 2 (Dua) orang. Untuk biaya operasional lembaga bersumber dari Dana Desa, Dana BOP dan Komite.

Berdasarkan SK Bupati Nagekeo Nomor: 325/KEP/HK/2021 tanggal 10 Agustus 2021 didefinitifkan dengan nama TK Negeri Nagerawe dan mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah TK Negeri Nagerawe sesuai SK Bupati Nagekeo Nomor: 824/BK-DIKLAT/M/1082/9/2021 Tanggal 8 September 2021 an.Marsel Nebeng, S.Pd. SD. dari sekolah induk SDI Rawe.

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 96

Translate »