Bupati Don Serahkan Bantuan Beras Cadangan Pangan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Bupati Don Serahkan Bantuan Beras Cadangan Pangan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Bupati Don Serahkan Bantuan Beras Cadangan Pangan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do kembali melakukan kunjungan kerjanya di Wilayah Kecamatan Boawae. Berbeda dengan kunker sebelumnya, Kali ini Bupati Don serahkan Bantuan Beras Cadangan Pangan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19, guna mengantisipasi terjadinya kerawananan pangan di Nagekeo.

Dilanjutkan kali ini giliran warga tiga (3)Desa yakni Desa Gerodhere, Desa Nagerawe dan Desa Vocolodorawe Kecamatan Boawae.

Penyerahan bantuan pangan tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do pada Kamis (23/9/2021).

Turut mendampingi Bupati, Dinas Sosial, Sekretaris Camat Boawae, staf Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Nagekeo, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan warga penerima bantuan. 

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali Kabupaten Nagekeo, berdampak pada seluruh aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat, mulai dari meningkatnya angka pengangguran, menurunnya daya beli masyarakat. Salah satunya melemahnya sektor usaha hingga kerawanan pangan.

“Bantuan beras Cadangan Pangan ini  guna mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan, khususnya pada masyarakat kurang mampu dan benar-benar terdampak Covid-19, sehingga dengan adanya bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat dalam kecukupan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari” ujar Bupati Don.

Sementara Warga Masyarakat Gero dalam bahasa daerah menyampaikan  terimakasih kepada Pemda Nagekeo yang telah peduli terhadap warga masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

“Bapak Ma’e Ngasi, karna lima ma mona sa’i ne go hasil kami, da mona dhu ena kami. Ele saco’o kami simo ena bapak da ti’i kami. Bholo kami pai, Bapak Ma’e ghewo kami, karna kami ne’e go ae setengah mati (Bapak jangan marah, karena kami kerja belum mendapatkan hasil dari usaha kami, yang belum sampai kepada kami. Biar sedikit, kami terima dari Bapak yang kasih untuk kami. Hanya kami minta, Bapak jangan lupa dengan kami, karena dengan air yang setengah mati/susah)” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada Kepala Desa dan BPD  untuk segera membuat keputusan dalam perubahan ABPD, agar lahan-lahan petani siap untuk ditanam.

Bupati Don juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kekompakan dalam semangat gotong royong, serta  melakukan penghematan dan mampu memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk bercocok tanam dalam upaya meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan.

“Sehingga Tahun musim tanam ini kita tidak gagal. Namun perlu melihat ramalan BMKG mengenai curah hujan kita. Jika curah hujan kita buruk, jangan paksa untuk tanam. Butuh air banyak, sehingga bisa juga tanam ubi kayu, ubi tatas sehingga kita punya cadangan makanan.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, “bersyukur Pemerintah Kabupaten bisa menyisihkan dana dalam keterbatasan akibat Pandemi Covid-19, banyak anggaran kita dipotong” katanya.

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 93

Translate »