Bupati Don Lantik Penjabat Kades dan Anggota BPD di Keo Tengah

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Desa Pautola Periode 2021-2027 di Aula Kantor Desa Pautola, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo. Kamis, (21/10/2021).

Tak hanya di Desa Pautola, Bupati Don juga melantik Penjabat Kepala Desa di Desa Keli, selanjutnya melantik Anggota BPD di Desa Witurombaua dan Desa Kotodirumali.

Bupati Don terlebih dahulu mengambil sumpah bagi ke tujuh anggota BDP Desa Pautola periode 2021-2027 disaksikan Camat Keo Tengah, Kepala Desa Pautola, Forkopimca, Babinsa Keo Tengah, Saksi awam, Saksi Rohani dan Tokoh Masyarakat Pautola.

Selanjutnya pengukuhan dilakukan oleh saksi Rohani dan penyerahan dokumen anggota BPD lama kepada anggota BPD Terlantik.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, dalam sambutannya mengatakan anggota BPD  diberikan amanah dan dipercayakan oleh masyarakat.

Bupati yang biasa disapa Dokter Don ini mengungkapkan, BPD dan Kepala Desa selalu membangun hubungan dan komunikasi yang baik.

“Peran BPD proses perencanaan mulai digali. Harus berperan aktif aspirasi masyarakat. Saya berharap di Desa Pautola tanggung jawab kita kepada masyarakat yang dipilih bukan di angkat. Sehingga mandat rakyat perlu dihayati dan diterjemahkan dalam pelayanan sehari-hari”.

Bupati Don menegaskan, anggota BPD maupun Penjabat Kepala Desa yang dilantik orientasinya melayani sebagai pelayan, bukan dilayani, melainkan untuk melayani.

“Urus rakyat baru urus diri. Harus tanggung jawab, bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan.

Bupati juga meminta di tahun 2022, Kepala Desa harus konsen pada Anggaran Desa guna mendorong  ekonomi produktif.

“Terutama pakan ternak harus dimanfaatkan dengan baik, serta manfaatkan potensi yang ada. Sehingga produk-produk kerajinan bisa dimanfaatkan. Orang muda harus manfaatkan Youtube sehingga bisa belajar dan mempraktek langsung.

Di akhir sambutannya, Bupati Don berharap anggota BPD terlantik wajib turun ke masyarakat dan berdialog dengan masyarakat guna menyerap setiap aspirasi.

Usai melantik anggota BPD, selanjutnya Bupati bersama rombongan menuju Desa Keli guna mengambil sumpah/janji pelantikan dan serah terima jabatan Penjabat Kepala Desa Keli, Kampung Nasawewe, Kecamatan Keo Tengah.

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 51

Translate »