Hasilkan Satpam Profesional, Bupati Don Harap 131 Peserta Lulus 100%

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do memimpin upacara pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang IV Polda NTT sebanyak 131 peserta di Halaman Mako Polres Nagekeo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Rabu, (20/10/2021).

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dalam sambutannya menjelaskan Satuan Pengamanan atau disingkat Satpam merupakan satuan atau kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

“Tujuan diselenggarakan Pelatihan Gada Pratama ini guna menghasilkan satuan pengamanan yang profesional memiliki sikap mental, kepribadian, fisik, dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan sebagai manager/chief security dengan kemampuan melakukan analisa tugas dan kegiatan.

Selain itu, kemampuan mengelola sumber daya serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Bupati Don berharap, dengan mengoptimalisasi tugas, para peserta  dapat merespon secara cepat terhadap kebijakan pemerintah dan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas, melalui kewenangan kepolisian terbatas, untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personil, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Dan saya berharap para peserta ini, bisa lulus 100%.

Direktur PT. Dewata Flores Apindo Sentosa Muhamad Dedi Ingga saat ditemui Junalis mengaku, bahwa peserta pelatihan mengikuti kegiatan selama 14 Hari terhitung mulai hari ini (20/10)  dan berakhir di tanggal 4 November 2021.

Muhamad biasa disapa Dedi ini, berharap Satpam yang akan ditempatkan ditempatkan di tempat-tempat strategis, wajib memiliki sertifikat pelatihan.

Menurut Dedi sertifikat Satpam merupakan sertifikat standar Nasional yang diterbitkan oleh Polda NTT.

Ia berharap peserta bisa lulus dengan baik. Menurut Dedi, yang paling penting dari pelatihan  ini, para peserta dapat diterima bekerja di mana saja dengan bermodalkan bekal Sertifikat.

Sementara Kapolres Nagekeo, A. Hendrik Fai menjelaskan untuk pelatihan Satpam yang dilaksanakan tersebut merupakan pelatihan Gada Pratama Satpam perdana yang di selenggarakan di Polres Nagekeo.

“Sebenarnya pelatihan ini dilaksanakan di Ende tahun lalu, namun setelah melakukan komunikasi dengan Pihak Polda NTT, dan hari ini terwujud bisa dilaksanakan di Polres Nagekeo. Ini merupakan pelatihan perdana untuk Pelatihan Satpam” jelas Kapolres Hendrik.

Kapolres Hendrik menambahkan, tugas utama satuan  pengamanan di sektor terdepan, menurutnya, sangat membutuhkan peran satuan pengamanan/ satpam untuk dapat mengendalikan situasi kamtibmas untuk tetap kondusif di areal kerjanya selain itu, dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas, melalui kewenangan kepolisian terbatas.

Kapolres Hendrik menambahkan, Peserta tanya mendaftarkan sebanyak 131 peserta, diantaranya putra Daerah itu sendiri.

“Hari ini peserta sebanyak 131 orang dan semuanya dalam keadaan sehat dan siap mengikuti sampai akhir kegiatan. Dan kita masih membuka dan memberikan kesempatan bagi putra Daerah untuk bisa segera mendaftarkan diri. Teman-teman media juga bisa membantu dalam menyampaikan informasi ini, sehingga publik bisa tahu.

Kapolres Hendrik berharap dengan kegiatan pelatihan ini, para peserta mampu mengikuti dengan sungguh-sungguh dan memperoleh hasil yang memuaskan.

“Diharapkan pada kegiatannya nanti dapat menampilkan performa yang maksimal, selain itu, para peserta pelatihan satpam ditekankan senantiasa menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

“Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker serta selalu waspada dalam melaksanakan pelatihan dengan baik”.

Hadir pula, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, Kapolres Nagekeo A. Hendrik Fai, S.H, M.H, Direktur Utama PT. Dewata Flores Apindo Sentosa, 131 Peserta Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang IV dan awak media.

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 47

Translate »