Lantik PPAT, Ini Pesan Kepala BPN Nagekeo

Mbay, nagekeokab.go.id – Kepala Kantor (Kakan) Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional  (ATR/BPN) Kabupaten Nagekeo Dominikus B. Insantuan, S.Sit.,M.Pd  melantik  Pejabat Pembuat Akta Tanah  (PPAT) di Aula Hotel Pepita Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Rabu,(27/10/2021).

Pejabat PPAT yang dilantik ini antara lain Efrem Luxiano Lado Leba, SH.,M.Kn

“Tugas PPAT yang dilantik hari ini  adalah tugas membawa perubahan. Meskipun demikian, tugas ini membawa manfaat yang begitu besar dalam pelayanan pertanahan bagi masyarakat banyak.” kata Dominikus B. Insantuan, di Aula Hotel Pepita Danga, Rabu (27/10).

Lanjut Dominikus, secara teknis, pejabat PPAT berada di bawah kantor pertanahan Kabupaten Nagekeo.

“Tugas PPAT ini hanya ada dua, yaitu membuat akta untuk tanah yang sudah sertifikat maupun tanah yang belum bersertifikat,” jelasnya.

Untuk tanah sertifikat, lanjut dia, sebelum dibuatkan akta harus di cek terlebih dulu ke BPN Nagekeo. Kalau sudah clear statusnya baru dibuatkan akta.

Dia berharap agar pejabat PPAT yang  dilantik mampu memberikan pelayanan pertanahan kepada masyarakat.

“Harus bersinergi dan kerja sama yang baik dalam pembangunan di Daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Berikan pelayanan terbaik agar tidak ada permasalahan tanah di wilayah tugas. Terutama dari pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan,” ujarnya.

Sementara Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dalam sambutannya menyampaikan kehadiran pejabat PPAT sangat membantu masyarakat. Selain itu,  transaksi tanah yang begitu tinggi. Sehingga semua proses berjalan clean and clear.

“Pentingnya sertifikat untuk di validasi. Saya berharap orang yang mau berinvestasi mendapatkan kemudahan.

Bupati Don juga memberikan apresiasi kepada BPN Nagekeo yang telah melakukan dan melaksanakan banyak project.

“Patut saya apresiasi kepada BPN Nagekeo yang telah melakukan  project besar sejauh ini. Lebih lagi project besar pengerjaan waduk ini”.

Pejabat Pembuat Akta Tanah  (PPAT) Terlantik, Efrem Luxiano Lado Leba, SH.,M.Kn pada kesempatan yang bermakna itu mengatakan, tugas dan pelayanan yang diemban itu merupakan amanah yang patut disyukuri.

“Saya pribadi melihat tugas pelayanan yang saya emban ini merupakan amanah yang harus saya syukuri, saya jaga dan saya jalankan dengan penuh tanggung jawab. Saya menyadari bahwa saya masih membutuhkan banyak belajar, bantuan serta nasehat dari banyak pihak, sehingga saya dapat melayani dengan benar, jujur dan adil demi kebaikan bersama”.

Ia juga berharap kerja sama dan komunikasi yang baik kepada semua pihak di Kabupaten Nagekeo, untuk bersama-sama bersinergi dengan jabatan pelayanan yang diembannya saat ini.

Reporter: Oktavianus Dhalu

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 38

Translate »