Launching Beras Natural Mbay, Bupati Don: Produk Beras Mbay harus Diperkenalkan Kepada Dunia

Mbay, nagekeokab.go.id – Bertepatan dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengajak masyarakat Nagekeo untuk bersama memperkenalkan produk Beras Natural Mbay kepada dunia. Hal tersebut disampaikan Bupati Don saat memberi sambutan acara Soft Launching Beras Mbay, yang bertempat di Aula Setda Nagekeo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Kamis, (28/10/2021).

Sebelumnya, dilaksanakan upacara apel bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021 tingkat Kabupaten Nagekeo, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Nagekeo.

“Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu bisa tercapai dan kita bisa melakukan Soft Launching Beras Mbay ini. Muda-mudahan di Hari Ulang Tahun Nagekeo di tanggal 8 Desember yang akan datang, kita akan melakukan Launching yang lebih luas. Tidak hanya produk Beras, tetapi semua produk-produk lain yang kita hasilkan dari bumi Nagekeo ini” kata Bupati Don.

Produk ini disiapkan ini, kata Bupati Don untuk memenuhi ketersediaan pangan beras, guna mendukung program ketahanan pangan dan peningkatan akses pasar untuk produk dalam negeri.

Ia berharap produk yang dihasilkan dapat diterima di dunia. Dikatakannya, untuk tetap mempertahankan status Sawah Mbay sebagai lumbung padi itu, maka diperlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak terhadap sektor pertanian. Sebab, cukup banyak faktor yang mempengaruhi upaya mempertahankan status sawah Mbay sebagai lumbung padi, ujarnya.

Bupati Don juga mengajak masyarakat dan semua pihak untuk bersama-sama memperkenalkan  kepada dunia agar produk yang dihasilkan bisa masuk pada pasar nasional maupun dunia.

“Sekali lagi, saya mewakili masyarakat Nagekeo yang tinggal di Kabupaten Nagekeo ini, mengharapkan partisipasi warga masyarakat Nagekeo Dispora, untuk membantu warga masyarakat Nagekeo agar produk-produk yang kita hasilkan ini, bisa diterima di pasar Indonesia dan pasar dunia.

Berlaku sebagai Narasumber pada acara Talk Show Launching Beras Mbay, Kepala Dinas Pangan Daerah Kabupaten Nagekeo, Gu Herman Petrus menjelaskan  bahwa, Dinas Pangan Daerah Nagekeo mempunyai tugas diantaranya mengawasi pangan segar di Kabupaten Nagekeo.

“Salah satunya beras Mbay ini. Secara lugas dan konsekuen kita telah memperhatikan dan mengawasi seluruh produk pangan, termasuk bahan-bahan dan sayuran, serta produk lain yang siap santap”, jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pangan Daerah, Herman menambahkan untuk beras Mbay, Dinas Pangan Daerah Kabupaten Nagekeo telah melakukan pengawasan mulai dari proses pasca pengeringan dan pasca panen.

“Dimana kita mulai dengan pengeringan, penggilingan, pengepakan, dan pengangkutan. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah sanitasi saat proses pelaksanaan pasca panen. Lingkungan harus benar-benar bersih dan kesehatan para konsumen dapat terjamin dengan baik”.

Menurutnya, Beras Mbay yang diberi nama Beras Natural Mbay tersebut telah diberi nomor registrasi dan layak untuk di pasarkan di mana saja, pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo, Oliva Monika Mogi juga mengungkapkan, penggerak utama daerah Kabupaten Nagekeo salah satunya Pertanian dan Pariwisata.

“Dalam mewujudkan masyarakat Nagekeo yang sejahtera, nyaman dan bermartabat, irigasi Mbay merupakan salah satu irigasi teknis terbesar di NTT.

Oliva berharap, pentingnya dalam meningkatkan infrastuktur seperti jalan tani, memperbaiki jaringan irigasi, pintu air dan pos pembagian air guna meningkatkan produksi serta sumber daya petani dan penyuluh.

Kasmirus Dhoi Plt. Kepala Bappelitbangda Nagekeo pada kesempatan bermakna juga mengatakan, produk Beras Mbay harus masuk pada pasar-pasar besar.

“Hambatan terbesar yang telah dilakukan saat masuk pasar besar, salah satunya standarisasi, mulai dari kemasan dan uji kesehatan. Produk tidak hanya menjaga kuantitas, tetapi meningkatkan kualitas, khususnya beras Mbay ini”.

Project Development PT. Pandawa Agri Indonesia, Faris N. Nurmianto pada kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada Pemda Nagekeo, yang telah memberikan ruang kepada PT. PAI dalam menjajaki dan melihat bumi Nagekeo.

“Kami dari PAI sangat terpukau melihat Mbay ini. Dan irigasi Mbay ini memiliki irigasi teknis yang sangat luar biasa. Dan selama 3 bulan kami banyak mempelajari tentang Mbay. Selain itu, kami menjajaki dan melihat peluang serta permasalah yang dihadapi oleh Petani. Di situ Pandawa memberi informasi  dan membuka informasi kepada Petani.

Faris berharap dengan semangat kerja timnya, mampu memberikan semangat baru dan pengetahuan yang luas akan teknologi kepada Petani Mbay.

“Oleh karena itu Pandawa Agri Indonesia berharap agar inovasi dan produk kami dapat terus meningkatkan keamanan dan sustainability dari industri pertanian. Pandawa Agri Indonesia juga berkomitmen untuk terus membantu sektor pertanian nasional dengan mendorong praktik industri yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan menghasilkan produk yang aman bagi pengguna dan menciptakan efisiensi biaya” terangnya.

Reporter : Oktavianus Dhalu

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 76

Translate »