Deklarasi Sadar Lingkungan, Bupati Nagekeo Bersama Pramuka Tanam Pohon Di Bukit Pamo

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do bersama gerakan Pramuka saat melakukan penghijauan di Bukit Pamo, Kelurahan Lape, Kecamatan Aesesa, photo dok: (KominfoNgk)

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka melalukan penghijauan dengan menanam aneka pohon di Bukit Pamo, Kelurahan Lape Kecamatan Aesesa, Jumat (26/11/2021).

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa anakan pohon yang berhasil ditanam yakni Lontar 2.500, Marongge 250, beringin 500, dan anakan Wuwu 250.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Nagekeo Kristoforus Jo Wea mengatakan kegiatan ini sebagai wujud nyata gerakan Nagekeo menanam dan deklarasi sadar lingkungan oleh Pramuka.

Kristoforus menjelaskan, Gerakan Penghijauan di melibatkan Peserta Kursus Mahir Dasa KMD bersama Gudep SMPS Hanura, SMPN 1 Aesesa, SMAK Baleriwu Danga. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco serta pimpinan OPD di lingkup Pemda Nagekeo.

Kristoforus mengungkapkan gerakan pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu melestarikan lingkungan dan penghijauan.

Menurut Kristo yang juga Kepala Sekolah SMPS Hanura Danga, kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan anggota pramuka di Kwarcab Gerakan Pramuka Nagekeo khususnya mengurangi pemanasan global, mengurangi resiko terjadinya berbagai bencana alam yang disebabkan oleh alam dan melestarikan lewat penghijauan di gunung Pamo itu.

“Tujuannya membina dan meningkatkan kemampuan anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Nagekeo dalam bidang penghijauan serta ikut serta pemerintah dan masyarakat dalam penghijauan upaya pengendalian dampak lingkungan hidup tidak dapat dilepaskan dari tindakan pengawasan di bidang lingkungan hidup,” tegasnya.

Sebelumnya Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do meminta Pramuka agar melakukan sesuatu yang positif terhadap isu lingkungan. Selain aksi nyata gerakan menanam pohon, Bupati juga mengingatkan soal sadar lingkungan khusunya persoalan sampah plastik apalagi memasuki musim penghujan saat ini.(Sev)

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 91

Translate »