Bupati Nagekeo Pimpin Apel Gabungan Gelar Pasukan Jelang Nataru

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do memimpin apel gabungan gelar pasukan, dalam rangka pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kegiatan yang dinamakan Operasi Lilin Ranakah 2021 ini terjadi di lapangan apel Polres Nagekeo Kamis, 23/12/21.

Kegiatan ini menindaklanjuti surat telegram Kapolri STR nomor : STR/1226/XII/OPS.1.1/2021 Tentang Pengamanan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Surat Telegram Kapolri Nomor: R/1226/XII/OPS.1.1./2021 Tanggal 14 Desember 2021 Tentang Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan di tingkat Provinsi oleh Gubernur dan di tingkat Kabupaten/Kota oleh Bupati/Walikota dan sesuai surat edaran Kapolres Nagekeo tanggal  21 Desember 2021 dengan Nomor Surat B/4 SO IXIIOPS.1.1./2021 Tentang Rencana Apel Gelar Operasi Lilin Ranakah 2021 di Polres Nagekeo.

Bupati Johanes Don Bosco Do saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Probowo, mengatakan Operasi Lilin Tahun 2021 bertujuan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan hari raya Natal dan Tahun Baru 2022 di tengah masa pandemi covid-19 dan larangan mudik guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

Menurut Bupati Don Bosco, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 25 Desember  2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajakan keterlibatan beberapa unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah. Perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19”, jelas Don mengutip sambutan Kapolri.

Polri melalui Polres Nagekeo menyelenggarakan Operasi Lilin 2021,  yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. Operasi Lilin 2021 ini tentu saja mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Pengamanan Nataru ini tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman”, tutup Bupati Don.

Hadir dalam kegiatan apel ini, Kapolres Nagekeo AKBP Agustinus Hendrik Fa’i, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, Danramil 1625.05/Aesesa Kapten Inf Supriyanto, Kasat Pol PP Nagekeo Muhayan Amir, Kepala BPBD Nagekeo Agustinus Pone, Kepala Dinas Perhubungan Nagekeo Efraim Muga, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Drg. Emerentiana Reni Wahjuningsih, Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama, Imam Masjid hingga tokoh Pemuda.

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 104

Translate »