Satukan Data Informasi, Dinas Kominfo Nagekeo Luncurkan Buku Data Sektoral

Mbay, nagekeokab.go.id – Dalam upaya menyediakan data sektoral yang valid dan up to date sebagai dasar perencanaan pembangunan di Kabupaten Nagekeo, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Nagekeo menyiapkan buku statistik pembangunan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nagekeo Andreas Ndona Corsini melalui Kepala Bidang Statistik Maria Ferawati Natriks Lape Wawo menyampaikan bahwa, buku berjudul Statistik Sektoral Kabupaten Nagekeo Tahun 2021 tersebut, menyajikan data dan informasi sektoral yang dihimpun dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) termasuk juga data vertikal yang ada di Kabupaten Nagekeo.

“Data sektoral tersebut diolah dan dianalisis oleh Tim penyusun buku statistik sektoral dikonsultasikan ke BPS sebagai pembina data” jelas Verra Wawo di ruang kerjanya pada Kamis 6 Januari 2022.

Menurut Verra, buku tersebut bertujuan untuk mewujudkan satu data indonesia sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) No 39 tahun 2019.

Vera berharap data dan informasi yang disajikan dapat memberikan gambaran mengenai berbagai perubahan yang terjadi di setiap sektor kehidupan, juga digunakan sebagai acuan untuk pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan maupun evaluasi hasil pembangunan yang telah dilaksanakan.

Sebelumnya dalam apel perdana bersama ASN di lingkungan Pemkab Nagekeo, Bupati Johanes Don Bosco Do pada Senin 2 Januari 2022 lalu mengingatkan para ASN agar benar-benar menguasai data dan bekerja berbasiskan data.

“Siapa menguasai data, menguasai dunia. Kita menguasai data, kita kuasai detail dari perencanaan sampai evaluasi. Kita dapat kritik kerja tanpa data yang valid” ungkapnya.

Kerena itu Bupati berharap para ASN bisa memahami akan pentingnya data. Bupati meminta agar, ke depan setiap perangkat daerah bisa identifikasi data-data yang dibutuhkan dalam pekerjaan layanannya.

Sebab, kata Bupati Don Bosco, menurut laporan indeks pembangunan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik Pemkab Nagekeo masih jauh dari performa baik.

Untuk diketahui, buku tersebut rencananya akan dicetak dan dibagikan ke setiap SKPD di lingkungan Pemkab Nagekeo. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui isi buku tersebut dapat mengakses melalui website resmi www.nagekeokab.go.id. (RSN/Sevrin)

 

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 51

Translate »