Pemkab Nagekeo Dapat Piagam Penghargaan Dari Direktorat Jenderal Pajak

Mbay, nagekeokab.go.id – Pemerintah Kabupaten Nagekeo serta sejumlah wajib pajak mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Ende.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) KPP Ende Nurdin Edwin kepada Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja bertempat di Aula VIP Kantor Bupati Nagekeo pada Rabu 26 Januari 2022.

Nurdin mengatakan pemberian penghargaan tersebut merupakan wujud atas dukungannya terhadap KPP Nagekeo dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak. Kabupaten Nagekeo mendapatkan penghargaan karena pencapaian penyerapan pajak kabupaten Nagekeo tahun 2021 sangat maksimal, sehingga sangat mendukung penyerapan pajak di KPP Pratama Ende.

“Imbas dari pencapaian penyerapan pajak yang tinggi di tahun 2021, Kabupaten Nagekeo mendapatkan peningkatan alokasi dana Transfer Pusat Ke Daerah dan Desa (TKDD) di tahun 2022, mencapai Rp.663 Miliar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia” ungkapnya.

Dijelaskan Nurdin, penyerapan pajak KPP Ende di tahun 2021 mencapai Rp.234,33 Miliar atau 97% dari target yang ditetapkan. Capaian tersebut berkat komitmen Pemkab Nagekeo bersama Kantor pajak bersinergi mengumpulkan penerimaan negara.

“Untungnya dari Rp.39,43 Miliar yang kita colab dari Nagekeo, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan memberikan dana transfer keuangan pusat dan daerah sebesar Rp.663,7 Miliar” ungkapnya.

Edwin berharap, di tahun 2022 nanti penyerapan pajak di kabupaten Nagekeo bisa lebih tinggi lagi, karena sangat berdampak pada peningkatan dana TKDD untuk Kabupaten Nagekeo. Selain itu Ia juga menghimbau agar masyarakat Nagekeo untuk melaporkan SPT Tahunan sebelum tanggal 31 Maret 2022.

“Kita sama-sama mengumpulkan penerimaan Negara di tahun 2022 ini. Dana Dipa 2022 sudah di gelontorkan, ayo kita sama-sama serap dana tersebut semaksimal mungkin” harapnya.

Sementara Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas piagam penghargaan yang diberikan KPP Ende.

Wabup mengatakan, penghargaan yang didapat merupakan dorongan dan motivasi Pemkab Nagekeo terutama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk lebih giat menggali potensi penerimaan daerah.

“Saya minta tolong, semua SKPD mengidentifikasi potensi pajak, dan usahakan supaya jangan hanya potensi tapi menjadi fungsional” ungkap Wabup Marianus.(RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 76

Translate »