Dinas Sosial Nagekeo Dorong Desa Dan Kelurahan Bentuk Karang Taruna

Mbay, nagekeokab.go.id – Dinas Sosial Kabupaten Nagekeo mendorong Desa dan Kelurahan yang hingga saat ini belum memiliki organisasi kepemudaan Karang Taruna agar membentuk Karang Taruna.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Rufus Raga di ruang kerjanya pada Kamis 26 Januari 2022.

Menurut Rufus, selain wujud daripada  peranan kaum muda di Desa, pembentukan pembentukan karang taruna sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mengantisipasi, mencegah, dan menangkal berbagai permasalahan sosial khususnya di kalangan generasi muda.

“Organisasi karang juga bertujuan mengembangkan kemampuan generasi muda dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan sosial generasi muda menuju kemandirian” jelas Rufus.

Menurut Rufus, intervensi bantuan pemerintah juga bukan hanya perorangan tapi dalam bentuk lembaga seperti Karang Taruna, karena organisasi ini berbadan hukum sebagaimana termaktub dalam Permensos no 25 tahun 2019 Tentang Karang Taruna.

Ia mengatakan, selama ini sosialisasi pembentukan Karang Taruna sudah sering dilaksanakan oleh Dinas Sosial ke Desa dan Kelurahan. Saat ini dari 97 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Nagekeo baru 56 Karang Taruna yang sudah terdaftar dan  terdata di Dinas Sosial.

Sementara, untuk Karang Taruna tingkat Kecamatan, baru 4 Kecamatan yang sudah terdata antara lain Kecamatan Aesesa, Boawae, Aesesa Selatan dan Keo Tengah sedangkan tingkat Kabupaten Nagekeo belum dibentuk.

“Tingkat Kabupaten belum dibentuk karena harus menunggu dari tingkat Desa dan Kecamatan. Kita berharap pihak Pemerintah Desa segera bentuk Karang Taruna, untuk sosialisasi kami sudah sosialisasi ulang-ulang, kan biasanya ada alokasi dana pemberdayaan di desa” ujarnya.(RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 43

Translate »