Realisasi Paket Proyek di Kabupaten Nagekeo Tahun 2021 96 Persen, Ignas: Ini Rekor Baru

Mbay, nagekeokab.go.id – Realisasi paket pekerjaan baik proyek konstruksi fisik maupun pengadaan barang di Kabupaten Nagekeo Tahun Anggaran 2021 kurang lebih 96 persen.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Unit Pelelangan Barang dan Jasa Ignas Sengsara dalam rapat kerja antara Sekda Nagekeo bersama seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) barang dan jasa di aula Setda Nagekeo pada Rabu 2 Februari 2022.

Ignas melaporkan bahwa, sekurang-kurangnya sebesar 96% dari berbagai jenis paket-paket barang/jasa berhasil dieksekusi sampai tahap serah terima dengan realisasi pembayaran lebih dari 95%.

“Dari total belanja pengadaan tersebut, proporsi terbesar  berasal dari proyek-proyek konstruksi. Dan ini adalah rekor terbaru” katanya.

Ignas menjelaskan, untuk pekerjaan konstruksi, dari 25 SKPD di lingkungan Pemkab Nagekeo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mencatat realisasi 100%.

Kemudian disusul ketat oleh Dinas PUPR, yang setiap tahun selalu menjadi langganan penyumbang SILPA besar, dengan realisasi 98,8% atau hanya selisih 1,2% menuju 100% dari total nilai kontrak lebih dari Rp.54 Miliar. Sisanya adalah 5 perangkat daerah lainnya dengan realisasi berkisar antara 60% sampai dengan 87%.

“Atau dengan kata lain, secara keseluruhan, hanya tersisa 7,48 % dari nilai proyek fisik sebesar Rp.117,6 M tersebut yang masih harus diselesaikan sampai saat ini” jelasnya.

Menurut Ignas, torehan prestasi tersebut tidak terlepas dari kepiawaian para PPK dalam membangun koordinasi baik secara administratif, teknis, menejerial hingga komunikasi sosial dengan masyarakat.

Kata Dia, para PPK telah mempercepat proses tender dan penandatanganan kontrak 99% dari proporsi nilai proyek dikontrak tidak melewati kwartal II Tahun 2021, bahkan hampir 20% di antaranya telah dieksekusi pada kwartal  I.

“Kemampuan lainnya yang patut diapresiasi adalah keberanian untuk mengambil risiko dan rela berkorban demi kepentingan masyarakat banyak” ungkap.

Ignas menyampaikan, hingga saat ini masih ada beberapa PPK dan Penyedia sampai masih terus berjibaku menyelesaikan pekerjaan tersisa sampai pada batas waktu yang ditentukan.

Oleh sebab itu segala dukungan sepatutnya diberikan kepada mereka  mengingat tantangan di lapangan tidaklah sedikit. Mereka telah membuktikan praktik kepemimpinan di levelnya masing-masing.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nagekeo, Lukas Mere memberikan apresiasi kepada Kinerja Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Nagekeo Tahun 2021.

Atas capaian tersebut Sekda Lukas mengundang para pelaku pengadaan barang/jasa guna memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebagai bentuk motivasi dan pembinaan kepada aparatur yang dipercayakan mengemban tugas sebagai PPK.(RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 175

Translate »