Tekan Angka Stunting, Pemkab Nagekeo Gelar Rapat Koordinasi Timbang Rutin Bayi 0-59

Mbay, nagekeokab.go.id – Sebagai upaya menekan angka Stunting, Pemerintah Kabupaten Nagekeo menggelar rapat Koordinasi di ruang kerja Asisten ll Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Nagekeo Sharif Bhanging pada Rabu 2 February 2022.

Rapat ini dihadiri lintas sektor lain Asisten ll Setda Nagekeo Sharif Bhanging, Kabid Pemerintahan Pembangunan Manusia Perekonomian dan Infrastruktur Bapelitbangda Nagekeo Marcellena Andhy Prastiwi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo dr. Emerentiana Wahyuningsih, Kasat-Pol PP Muhayan Amir, Kepala Puskesmas Danga Claudia Pau, Kepala Desa Aeramo Dominikus Biu Dore, Kepala Kelurahan Danga Yohanes Lado.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo dr. Emerentiana Wahyuningsih menjelaskan bahwa Rapat koordinasi ini dalam rangka kegiatan Operasi Timbang serta pemberian vitamin A bagi Bayi dan Balita 0-59 bulan rutin yang dilaksanakan selama bulan Februari 2022.

Emerentiana mengungkapkan, pelaksanaan timbang dan pemberian Vitamin A bagi bayi 0-59 bulan ini akan melibatkan semua sektor diantaranya Dinkes, Bappeda, Sat-Pol, Pemerintah Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga tingkat RT.

Menurut Dia, pelaksanaan bulan timbang bayi ini dilakukan dua kali dalam setahun, yakni bulan Februari dan Agustus.

“Diharapkan kepada orang tua yang memiliki anak 0-59 bulan agar datang ke Posyandu terdekat” harapannya.

Kepala Kelurahan Danga Yohanes Lado mengatakan, guna mengatasi persoalan stunting idealnya menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya menitikberatkan pada orang kesehatan.

Menurut pria yang akrab disapa Hans Lado ini, problem terbesar yang dihadapi berkaitan dengan kesehatan terkhusus stunting sebenarnya ada pada lingkungan.

Karena itu, Lado menyarankan agar setiap bulan harus ditetapkan rutin hati kebersihan lingkungan yang melibatkan seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Nagekeo.

“Kalau hanya bagi vitamin A, Lurah bagi sendiri juga bisa, tapi bagaimana menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan sehat itu harus orang kesehatan, saran saya kita tetapkan dalam satu bulan, satu hari kegiatan kebersihan lingkungan, hadirkan seluruh tenaga kesehatan” saran Lado.

Sementara, Asisten ll Setda Nagekeo Sharif Bhanging, berharap stunting menjadi tanggung jawab kita bersama. Dia meminta rapat koordinasi yang digelar bisa mencari solusi dan kontribusi dalam menekan angka stunting di Nagekeo.

“Poin yang paling penting adalah bagaimana rapat hari ini berkaitan dengan kelancaran kegiatan timbang, saya harap koordinasi dengan Sat Pol PP sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar. (RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 47

Translate »