Cermat Menjelajah di Internet Agar Tidak Terjebak pada Situs Penipuan

Mbay, nagekeokab.go.id – Keberadaan internet saat ini semakin tidak terhindar, pemanfaatan internet telah masuk di berbagai bidang kehidupan. Agar tidak terjebak dalam modus penipuan online, sebaiknya kenali situs aman dan terpercaya agar anda tidak mengalami kerugian.

Kenali situsnya

HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. Huruf S (di bagian belakang)  adalah “Secure” (aman).  Bila Anda sedang mengunjungi sebuah situs (website), cobalah liat alamat dari situs tersebut.

Bila alamatnya dimulai dengan http:///., maka berarti situs ini sedang “berbicara” dengan peramban (web browser) Anda dengan memakai bahasa umum yang tidak terproteksi. Dengan kata lain, bisa saja ada pihak ketiga yang ikutan “nguping” percakapan antara komputer Anda dengan website tersebut. Bila Anda sedang mengisi sebuah formulir di website tersebut, maka bisa saja ada orang lain yang mengintip informasi yang Anda ketik di sana.

Inilah sebabnya mengapa Anda jangan pernah mau memasukkan data penting seperti sandi perbankan Anda di website dengan alamat yang dimulai dengan http!

Namun, bila alamatnya dimulai dengan https://, artinya komputer Anda sedang berbicara dengan website tersebut dengan aman karena tidak ada pihak lain yang bisa ikutan mendengarkan percakapan tersebut.

Anda tentu mengerti mengapa hal ini sangat penting, kan?

Jadi lain kali, bila ada website yang meminta Anda untuk memasukkan data diri, data kartu debit/kredit, pastikan alamat situs tersebut dimulai dengan https://. Bila tidak demikian, JANGAN PERNAH mengisinya dengan informasi sensitif seperti data kartu debit/kredit Anda!

Perhatikan alamat  situs, jangan terburu-buru.

Selain melihat bagian depan dari alamat sebuah situs, periksalah juga ekstensi domainnya, contoh .com; .org; .co.in; .net, dll. Nama sebelum ekstensi ini adalah nama resmi dari situs tersebut. Contoh: http://telkomsel.hadiahbuataku.com. Perhatikan kata sebelum .com adalah “hadiahku” (BUKAN “telkomsel”).

Jadi website ini bukanlah milik telkomsel.com tapi “hadiahbuataku.com”, yang notabene kita tidak kenal. Jadi hati-hati jangan sampai tertipu ya.

Hal yang sama juga bisa kita gunakan untuk mencegah penipuan perbankan. Sebelum login dengan e-banking, liat kembali nama yang tertera sebelum “.com” adalah nama bank Anda. Misalnya “Something.bank123.com” adalah milik bank 123, tapi bank123.some1else.com adalah milik dari “some1else”.

Gratis tidak selalu baik

Selain itu, jangan sembarangan menggunakan koneksi WIFI umum. Pastikan jaringan WIFI tersebut aman. Hindari pemakaian jasa FREE WIFI di tempat umum. Keamanan jaringannya sangat diragukan.

Daripada komputer atau HP Anda diretas, sebaiknya pakai WIFI pribadi saja, atau gunakan fasilitas VPN.

Kenali Perbedaan antara HTTP dan HTTPS pada World Wide Web atau WWW.

HTTP atau HTTPS merupakan protokol standar yang mengatur bagaimana data ditransmisikan di World Wide Web.

Saat Anda mejelajah di internet, Anda sebenarnya sedang bertukar data dengan web server. Proses pengiriman data antara web browser dan web server inilah yang diatur oleh HTTP dan HTTPS.

Bagi yang bekerja di bidang IT mungkin telah memahami protokol standar dari World Wide Web, namun sebagian dari kita masih bingung dan belum mengerti perbedaan antara HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) tersebut.

Apabila Anda mengamati baris URL alamat website pasti akan menemukan tulisan HTTP (http://) dibagian depannya atau HTTPS (https://). Nah… apa bedanya?

Perbedaan keduanya memang sangat sederhana, yakni huruf “S”. Namun, justru inilah yang membuat HTTPS lebih baik dibanding HTTP.

Untuk mengetahui perbedaan antara HTTPS dan HTTP, simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

  1. Awalan Alamat

HTTP kependekan dari HyperText Transfer Protocol, sebuah sistem yang mentransmisikan dan menerima informasi di antara client (pengguna) dan server (peladen). HTTP diawali http:// dan HTTPS dimulai https://.

  1. Enkripsi

Huruf S pada HTTPS berarti Secure. Proses transmisi dan penerimaan data antara client dan server pada HTTPS melalui enkripsi terlebih dahulu, sementara pada HTTP tidak. Maka itu, keamanan HTTPS dapat dipastikan lebih baik daripada HTTP.

  1. Sertifikat Digital

HTTPS membutuhkan sertifikat digital untuk proses validasi, sementara HTTP tidak. Penggunaan sertifikat digital pada umumnya tidak gratis alias berbayar. Namun ada pula sebagian kecil penyedia sertifikat digital cuma-cuma.

Itulah penjelasan simpel mengenai perbedaan antara HTTPS dan HTTP. (Diskominfo Nagekeo)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 57

Translate »