Bupati Nagekeo: ASN Harus Memahami Tupoksi Diri Sendiri

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengambil sumpah 140 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Nagekeo sekaligus membagikan SK Bupati Nagekeo tentang Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2019 di aula Setda Nagekeo pada Kamis 17 Februari 2022.

Pengambilan sumpah ini sesuai dengan UU RI No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dan PP No 53 tahun 2010 tentang displin pegawai, dan PP No 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS.

Dalam sambutannya, Bupati Don Bosco mengatakan setiap CPNS saat diangkat menjadi ASN wajib mengambil sumpah PNS berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing.

“Kalian ini orang yang terseleksi, sudah mendapatkan ketentuan dari nilai. Secara kemampuan akademik kalian sudah lolos seleksi. Ini baru tahap permulaan, yang mana kalian pilih untuk menjadi abdi Negara. Oleh karena itu saya berharap di mana kalian ditempatkan tunjukan kemampuan” pesan Bupati Don Bosco.

Don Bosco menyatakan, sebagai abdi negara dan masyarakat, dalam menjalankan tugas dan kewajiban Aparatur Sipil Negara dituntut dengan Panca Prasetya. Karena itu ASN dituntut untuk bisa memahami tupoksi diri sendiri dan tupoksi lembaga di mana Ia ditempatkan.

“Secara intelektual (otak) kalian tidak diragukan, yang masih butuh pembuktian itu Ate (Hati). Memilih jalan hidup sebagai pengabdian sebagai abdi negara dan masyarakat atau hanya tidak mau menganggur” tanyanya.

Bupati Don Bosco melanjutkan, di era 4.0 saat ini tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Untuk itu, Bupati berharap ASN dapat memanfaatkan Hand Phone (HP) untuk selalu belajar pengetahuan dan keterampilan baru.

“Saya sangat berharap kalian jangan bosan belajar pengetahuan, manfaatkan teknologi, gunakan HP untung belajar hal-hal baru” ujaranya.

Lebih lanjut Bupati berpesan agar ASN bisa membagi waktu antara pekerjaan pokok dan kerja ekstra di luar kantor.

“Penghasilan kita ASN sudah terukur, jadi jangan bayangkan hidup mewah, jadi harus didukung kerja ekstra di luar harus, jadi kita harus memanage waktu dengan baik sehingga mencukupi kebutuhan hidup keluarga” ungkapnya.(RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 84

Translate »