Bupati Nagekeo Kehadiran Pemerintah Harus Menciptakan Kondisi Nyaman Bagi Masyarakat

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do menegaskan bahwa, kehadiran Pemerintah di tengah masyarakat pada hakikatnya demi menciptakan kondisi nyaman bagi masyarakat itu sendiri.

Hal itu ditegaskan Bupati Don Bosco dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke- 72, Satuan Perlindungan Masyarakat ke- 60 dan Pemadam Kebakaran yang ke-103 tingkat Kabupaten Nagekeo  dilapangan upacara Kantor Bupati Nagekeo Jln Muhamad Hatta, Civic Centre Mbay pada Senin 07 Maret 2022.

Kehadiran kita adalah melayani dengan hakikat kehadiran pemerintah yang menciptakan kondisi nyaman bagi masyarakat, serta mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi kemajuan dan kesejahteraan bersama” ucap Don Bosco.

Ulang tahun Sat-Pol PP tahun 2022 mengusung tema “Polisi Pamong Praja yang Profesional dan Berintegrasi Mewujudkan Penyelenggaraan Trantibum untuk Indonesia Maju dan Sehat”.

Bupati Don Bosco menyampaikan bahwa, ​kehadiran Polisi Pamong Praja yang dalam pengertian umum adalah aparat Negara yang berkemampuan untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam membangun negara, daerah dengan semangat gotong royong (Too Jogho Waga Sama).

Menurut Don Bosco, kesuksesan dan kelancaran peran aparatur yang merupakan bagian dari barisan Pamong Praja ini didorong, dikendalikan dan dikawal komitmen dan kondisi kerjanya oleh Polisi Pamong Praja untuk bekerja sesuai dengan rambu-rambu kebijakan publik yang berlaku di daerah, termasuk di dalamnya Peraturan Daerah Provinsi dan Peraturan Daerah Kabupaten.

“Kepamongprajaan adalah bagian dari tugas-tugas pemerintahan, yang memerlukan pengetahuan luas dan mendalam terhadap berbagai aspek kehidupan serta permasalahan yang dihadapi masyarakat” katanya.

Karena itu, Bupati Don Bosco berpesan, kehadiran Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran bukan hanya sekedar memiliki ketrampilan teknis belaka, tetapi harus menguasai juga aspek-aspek lain yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja dan efektifitas kerjanya.

Selain itu, Sat Pol-PP juga dituntut menjunjung tinggi kearifan dalam menghadapi setiap permasalahan dan maupun memahami kondisi-kondisi yang melatar belakanginya serta memiliki kepekaan dan responsifitas terhadap aspirasi masyarakat.

Sat Pol-PP harus memiliki pemahaman dan wawasan yang luas terkait aspek kehidupan sosial-kemasyaratan agar mampu menempatkan diri secara lugas dan fleksibel dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan Selamat berbahagia bagi seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran, yang dengan penuh sukacita merayakan Hari Ulang Tahunnya pada Tanggal 3 Maret 2021 dan kita rayakannya dalam bentuk upacara pada hari ini. Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya patut saya sampaikan atas segala kerja keras, dedikasi dan pengorbanan yang tanpa pamrih bagi bangsa dan negara” pungkasnya. (RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 267

Translate »