Duta Baca Nasional Bersama Tim Melakukan Safari Literasi di Nagekeo

Mbay, nagekeokab.go.id – Penulis sekaligus Duta Baca Nasional Gol A Gong, mengadakan kegiatan Safari Literasi selama 3 hari di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur sejak Kamis 17 Maret hingga Sabtu 19 Maret 2022.

Safari literasi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI sebagai upaya menumbuhkan budaya menulis dan membaca, serta meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat.

Dalam kunjungannya ke Nagekeo, sastrawan bernama asli Heri Hendrayana Harris tersebut berkesempatan menggelar Focus Group Disccousion bersama para guru, akademisi, mahasiswa, pelajar serta sejumlah pegiat literasi yang berlangsung di Aula Setda Nagekeo pada Jumat 18 Maret 2022.

Kegiatan yang mengusung tema “Dari Keluarga Menuju Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sosial” ini, dibuka secara resmi oleh Sekda Nagekeo Lukas Mere didampingi Asisten lll Setda Nagekeo Agustinus Fernandes.

Sekda Lukas dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai salah satu kabupaten baru di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Nagekeo memiliki banyak potensi sumber daya alam, seperti pertanian, perkebunan, peternakan, potensi pertambangan dan lainnya yang sedang digerakkan untuk menunjang akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Sejalan dengan berbagai potensi sumber daya alam yang memadai, persoalan sumber daya manusia menjadi percakapan kebijakan yang terus dikumandangkan untuk pengaktualisasiannya. Sejak sepuluh tahun menjadi daerah otonom, aspek pengembangan sumber daya manusia menjadi kebijakan prioritas untuk dikembangkan” katanya.

Menurut Sekda Lukas, di tengah harapan teknokratis untuk pencapaian kesejahteraan dan menjadi titik picu untuk melihat literasi sebagai bagian penting tidak hanya bermakna intelektual untuk mengerti tentang menulis dan membaca, namun lebih dari itu membangunkan kembali spirit untuk berinovasi dan menempatkan setiap aspek kehidupan sebagai literasi untuk kesejahteraan.

“Kehadiran Duta Baca Nasional bersama tim di Nagekeo kiranya dapat mendorong dan memotivasi masyarakat umumnya dan masyarakat pendidikan khususnya untuk mulai bergerak dengan semangat menulis dan menciptakan peradaban baru intelekual daerah” paparnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Nagekeo berharap, kunjungan Duta Baca Nasional ini dapat memberikan manfaat ke di masa mendatang akan melahirkan pemikir pemikir cerdas Nagekeo yang standar keilmuannya diakui dan dinikmati oleh masyarakat dunia melalui karya-karya penulisan buku termasuk juga inovasi dan kreativitas, permasalahan factual, moment kunjungan dan safari Duta Baca Nasional dan tim di bumi Nagekeo.

Lanjut Sekda Lukas, sejak Tahun 2019 Nagekeo telah ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, dan sejak saat itu, Pemerintah telah memunculkan banyak program untuk memajukan literasi dasar di berbagai tingkatan.

Ia menyampaikan, kehadiran Duta Baca Literasi di Kabupaten Nagekeo akan menjadi spirit membangitkan peradaban Nagekeo untuk bergerak maju ke depan dengan tidak hanya memiliki kekayaan budaya tutur tetap akan berkreasi dengan budaya tulis yang dapat menjaga peradaban Nagekeo tercinta.

“Saya mengajak kita sekalian untuk memanfaatkan kehadiran Duta Baca Nasional dan tim di Nagekeo sebagai moment menimba ilmu dan pengetahuan untuk membangun kesejahteraan melalui literasi. (RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 31

Translate »