Kembangkan Desa Wisata, Kemendes Identifikasi Kampung Adat Tutubhada

Mbay, nagekeokab.go.id – Kementerian Desa melakukan kunjungan kerja ke Kampung Adat Tutubhada, Desa Rendututubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo pada Selasa 22 Maret 2022.

Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Hukum dan Koordinasi Persiapan Peraturan Perundang Undangan Sekretariat Direktorat Jenderal Desa dan Pedesaan, Kementerian Desa, Rasharul S menyampaikan bahwa, kunjungan kerja tersebut dalam rangka mengidentifikasi bantuan pembangunan beberapa sarana pengembangan potensi wisata Kampung Adat Tutubhada. Hal itu sebagai wujud komitmen Kementerian Desa dalam mendukung pengembangan potensi wisata Kampung Adat Megalitikum tersebut.

“Kami datang dari Kementerian Desa untuk melakukan identifikasi program bantuan sarana dan prasarana pengembangan obyek wisata di Kampung Adat Tutubhada. Setelah kami melakukan identifikasi selanjutnya kami akan diikuti dengan administrasi kemudian awal April nanti akan diikuti dengan tutorial penerimaan bantuan” katanya.

Menurut Rashula, nominal bantuan sudah tercatat di Kementerian Desa, hanya saja, peruntukannya tergantung proposal yang sudah diajukan oleh pihak pengelola Desa Wisata Tutubhada melalui Bumdes Okimogo.

Lebih jauh dia berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakatnya salah satunya melalui pengembangan desa wisata, karena selain Tutubhada, masih banyak desa wisata di Kabupaten Nagekeo yang layak dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

Camat Aesesa Selatan Isak Jogues Tibo Bebi menyampaikan apresiasi atas kunjungan langsung tim dari Kementerian Desa tersebut. “Atas nama masyarakat Aesesa Selatan, kami mengapresiasi dan menyampaikan rasa hormat kepada bapak-bapak yang sudah berkesempatan datang di Rendututubhada” kata Isak.

Isak menjelaskan selama ini baik Pemerintah Desa Rendututubha melalui Bumdes Okimogo maupun pihak Pemerintahan Kecamatan Aesesa selalu pro aktif dalam mengembangkan potensi wisata Kampung Adat Tutubhada.

“Terima kasih Bumdes Okimogo yang selama ini sudah pro aktif mengembangkan potensi desa dengan berbagai macam cara, memperjuangkan Desa, kami masih sangat membutuhkan bantuan perhatian khususnya Pemerintah Pusat melalui Kemendes, senang sekali hari ini langsung dari Kementerian Desa” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bumdes Okimogo Faris Tiba  menjelaskan bahwa adapun proposal yang diajukan ke pihak Kementerian Desa berupa bangunan sanggar seni, homestay serta sarana pendukung berupa pagar.

Faris menyampaikan bahwa usulan sudah diajukan sejak September 2021 dan saat ini baik Bumdes, Pihak Desa maupun masyarakat Tutubhada sendiri sudah siap menerima bantuan tersebut.

“Segala bentuk persiapan seperti pembebasan lokasi dokumen desain RAB, persiapan untuk pelaksanaan kegiatan sudah kita siapkan secara matang. Sebelum kita ajukan ini, kita identifikasi kepemilikan lahan duduk bersama, meraka menerima pembangunan, karena ini juga untuk kepentingan desa” katanya.

Terpantau hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan P3A Sales Ujang Dekrasano, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nagekeo Rustyem Triatmi, Camat Aesesa Selatan Ishak Jagues Tibo Bebi, Kepala Bagian Humas Setda Nagekeo Silvester Teda Sada, pihak Pemerintah Desa dan tetua adat kampung Tutubhada.

Selain kampung Tutubhada rombongan Kementerian Desa juga berkesempatan mengunjungi kampung adat Boamaara di Desa Wajomara. (RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 216

Translate »