Bupati Nagekeo Resmikan Perpustakaan Ramah Anak di SDK Aeramo

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do meresmikan perpustakaan taman baca ramah anak di Sekolah Dasar Katholik (SDK) Aeramo, Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa pada Kamis 31 Maret 2022.

Bupati Don Bosco tiba di SDK Aeramo sekitar pukul 12:00 disambut dengan tarian adat yang dibawakan oleh anak-anak SDK Aeramo. Dalam peresmian tersebut Bupati berkesempatan menguji secara langsung kemampuan literasi termasuk literasi kebangsaan, numerasi serta kemampuan membaca anak mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Bupati berharap agar Kepala Sekolah bisa menentukan guru yang mengajar di kelas 1, 2, dan 3 adalah guru-guru hebat yang banyak memiliki referensi berkaitan dengan literasi. “Guru kelas 1, 2 dan 3 itu punya tugas yang sangat berat, karena harus menuntaskan literasi dan numerasi dasar sehingga ketika anak duduk di bangku kelas 3 bisa menceritakan apa yang mereka baca” ungkap Bupati Don Bosco.

Kepada Kepala Sekolah, Bupati menyarankan agar bisa mengutus minimalis satu guru untuk bisa mengikat program Fasilitator Daerah (Fasda).

“Ibu Kepala Sekolah harus tentukan 1 atau 2 guru jadi Fasilitator daerah. Kompetensi minimal harus dikuasi secara individual oleh setiap guru kelas. Bapa ibu guru harus lebih banyak baca” pesan Don Bosco.

Dengan adanya perpustakaan sebagai media taman baca Bupati berharap agar anak-anak harus memiliki minat baca sejak duduk di bangku kelas 1, karena dari buku  anak-amak bisa berimajinasi hingga bisa menentukan cita-citanya ke depan.

Kepala SDK Aeramo Viktoria Toyo dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo di bawah pimpinan Bupati Yohanes Don Bosco Do dan Wakil Bupati Marianus Waja.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang mana telah bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam hal ini Taman Baca Pelangi dengan tujuan akhir meningkatkan literasi membaca anak dengan berbagai program dan metode menarik” katanya.

Ia berjanji akan menyukseskan program  tersebut dengan tujuan akhir anak-anak di SDK Aeramo bisa membaca. “Terima kasih untuk Komite  Sekolah yang sudah mendukung kegiatan program taman baca pelangi di SDK Aeramo” pungkasnya.

Uphan Tamrin yang mewakili Taman Baca Pelangi dalam pemaparannya berharap agar baik dewan guru maupun siswa bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan giat membaca. “Gedung perpustakaan ini akan tidak akan bermanfaat apabila setelah peresmian kita tidak melakukan apa-apa. Harapan kami kita sama-sama menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi anak” ungkapnnya.

Selain kepada para guru, Dia juga berharap agar orang tua dapat berperan aktif dalam mendukung anak-anak meraka dalam meningkatkan minat baca. “Kami minta bantuan orang tua setiap hari setelah anak pulang sekolah menanyakan kepada  anak-anaknya hari ini sudah baca berapa buku” pesan Dia.

Terpantau hadir pada kesempatan tersebut Kepala Desa Aeramo Dominikus Biu Dore, Anggota DPRD Nagekeo asal desa Aeramo Kristianus Pantaleon Djogo, Ketua Komite SDK Aeramo Yohanes Towa Rema, para dewan guru dan siswa. (RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 256

Translate »