Pemkab Nagekeo Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

Mbay, nagekeokab.go.id – Pemerintah Kabupaten Nagekeo menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 di Aula Setda Nagekeo pada Rabu 13 April 2022.

Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do didampingi wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja, Ketua DPRD Nagekeo Marselinus F Ajo Bupu, Wakil Ketua ll DPRD Nagekeo Kristianus Dua Wea, Sekda Nagekeo Lukas Mere dan Kepala Bapelitbangda Nagekeo Kasmir Dhoy.

Penyelenggaraan Musrenbang ini diikuti oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Nagekeo, Forkompinda baik dihadiri secara langsung maupun melalui virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Nagekeo Kasmir Dhoy dalam laporan panitia menjelaskan, salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) adalah dibukanya peluang bagi masyarakat untuk turut serta dalam pengambilan keputusan pembangunan, termasuk aspek perencanaan. Ruang yang disiapkan bagi keikutsertaan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan adalah musyawarah perencanaan pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang.

“Musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari desa sampai tingkat nasional” jelas Kasmir.

Kasmir menyampaikan, di kabupaten Nagekeo pelaksanaan Musrenbang telah dilaksanakan mulai dari Musrenbang tingkat desa/kelurahan, dilanjutkan dengan Musrenbang RKPD di kecamatan yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 11 April 2022, dilanjutkan lagi dengan Forum Perangkat Daerah / Lintas Perangkat Daerah pada tanggal 12 April 2022, dan pada hari ini pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 tingkat Kabupaten Nagekeo.

“Tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD 2023 yakni penetapan arah kebijakan, prioritas program dan kegiatan pembangunan dan plafon / pagu dana indikatif berdasarkan bidang kewenangan atau fungsi Perangkat Daerah sesuai dengan tema Pembagunan Daerah Kabupaten Nagekeo Tahun “Peningkatan Produktivitas untuk Mendukung Kemandirian Daerah melalui Pemulihan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” papar Kasmir.

Ketua DPRD Nagekeo Marselinus F Ajo Bupu mengatakan bahwa Musrenbang RKPD yang diselenggarakan hakikatnya bertujuan untuk membahas Rancangan RKPD Kabupaten Nagekeo Tahun 2023. Pembahasan dimaksud dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan di daerah; menyepakati pokok-pokok pikiran DPRD; menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator, dan target kerja sesuai lokasi.

“Berkenaan dengan hal itu, lembaga DPRD berharap agar Musrenbang RKPD ini perlu mendapat perhatian serius dan perlakuan khusus segenap pemangku kepentingan, terutama dalam merumuskan program dan kegiatan yang mendukung tercapainya prioritas pembangunan Kabupaten Nagekeo tahun 2023” ungkapnya.

Menurut Ajo Bupu, Musrenbang RKPD menjadi instrumen capaian kinerja pemerintah Kabupaten Nagekeo dalam rangka meningkatkan rantai ekonomi, SDM, Pertanian, Pendidikan dan pendukung kemajuan daerah lainnya.

“Musrenbang ini diarahkan untuk mensinkronisasikan pendekatan bottom-up dan top-down secara partisipatif dengan mempertimbangkan aspek tekhnokrat dan politis serta secara substansi berorientasi pada pendekatan holistik, tematik, integratif dan spasial” jelas Marselinus.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Musrenbang merupakan wahana strategis bagi semua pemangku kepentingan. Kegiatan Musrenbang ini akan menjadi masukan yang sangat penting dalam dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif. Hasil dari sekaligus menjadi masukan dalam pembahasan pada tingkat pemerintahan rangka perumusan penyempurnaan RKPD Kabupaten Nagekeo Tahun 2023, provinsi dan Nasional dalam rangka perumusan program/kegiatan tahun 2023.

“Oleh sebab itu, Musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pikiran/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan yang kemudian diintegrasikan dalam berbagai bidang urusan pemerintahan, baik urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib non pelayanan dasar maupun urusan pilihan yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral” ungkap Don Bosco.

Don Bosco menjelaskan, berdasarkan arah kebijakan tahun 2023 yakni “Kemandirian Daerah yang Inklusif dan berkelanjutan telah dirumuskan 8 (delapan) isu strategis Kabupaten Nagekeo antara lain:

Kemiskinan dan Sunting; Kualitas Angkatan Kerja; Produktivitas dan Nilai Tambah Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Kelautan TPOP D BWS; Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kualitas Lingkungan; Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim; Konektivitas Wilayah untuk Pengembangan Kota, Kecamatan; Infrastruktur Dasar dan Penunjang Perekonomian serta Tata Kelola Pemerintahan.

“Untuk menjawab isu strategis ini, Pemerintah Kabupaten Nagekeo telah menetapkan tema RKPD Kabupaten Nagekeo Tahun 2023 yakni Peningkatan Produktivitas Untuk Mendukung Kemandirian Daerah Melalui Pemulihan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan” katanya.

Dalam sambutannya Bupati Don Bosco berkesempatan memaparkan capaian dan target indikator makro pembangunan daerah diantaranya penjabaran Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi dan iCOR, PDRB Perkapita dan Indeks Gini, Jumlah Presentase penduduk miskin dan prelavansi stunting, tingkat pengangguran terbuka dan capaian indikator tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Nagekeo tahun 2021.

Menurut Bupati Don Bosco, Pemerintah Kabupaten Nagekeo menyadari bahwa semua Capaian indikator kinerja makro daerah ini, adalah buah dari kerja sama semua pihak sesuai spirit kita bersama “To’o Jogho Waga Sama”.

“Untuk itu kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelaku pembangunan di Kabupaten Nagekeo, yakni segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nagekeo, jajaran pemerintahan sampai tingkat desa, Forkompimda, Intansi vertikal, BUMN/BUMD, para pelaku usaha, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, organisasi masyarakat, serta seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Nagekeo” pungkasnya.(RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 232

Translate »