Natural Mbay Rice Kembali Masuk Pasar Swalayan

Mbay, nagekeokab.go.id – Setelah beberapa bulan terakhir hilang dari pasaran, kini Natural Mbay Rice produk asli petani Irigasi Mbay yang merupakan hasil kerja sama antara para petani dengan PT Pandawa Agri Indonesia (PAI) kembali beredar di sejumlah swalayan di Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo.

“Izin menyampaikan Pak, Alhamdulillah Puji Tuhan, pada hari Rabu, 20 April 2022 beras Mbay sudah terdistribusi kembali di 3 Minimarket (SRK, Sahabat, dan Kim Mart). Setiap minimarket menerima 30 karung (300kg)” ungkap Fazlur Rahman Partnership Officer Pandawa Agri Indonesia di Mbay, pada Kamis 21 April 2022.

PAI merupakan salah satu perusahaan yang menjalin kemitraan bersama petani Irigasi Mbay yang mana dalam pelaksanaannya, PT PAI melakukan pendampingan terhadap petani dengan menggunakan produk pertanian dengan mengurangi penggunaan bahan kimia.

Kemudian Natural Mbay Rice merupakan produk beras Mbay berkualitas premium karena mulai dari pengolahan lahan, pola tanam, perawatan hingga panen dan pasca panen menggunakan metode dampingan khusus dari PT. PAI.

Rahman mengatakan, Natural Mbay Rice yang kembali masuk pasaran, diambil dari 2 petani yang merupakan petani dampingan PT. PAI. Pihaknya akan terus berupaya meyiapkan stok Natural Mbay Rice ke sejumlah Swalayan dan Minimarket secara berkala setiap dua minggu sekali sembari menjaga ketersediaan beras dari Petani dampingan PT. PAI.

“Kalau kemarin sempat vakum dari pasaran itu karena kita masih menunggu musim panen ke dua” ujarnya.

Dia menyatakan bahwa, Natural Mbay Rice yang saat ini beredar di pasaran dibandrol dengan harga Rp. 12.500 per kilogram dengan harga yang dibeli dari petani oleh PT. PAI Rp. 10.000 per kilogram.

Hingga saat ini, PT. PAI sudah menjalin kerjasama bersama 54 petani dengan luasan lahan sekitar 38, 46 Hektar.

“Yang kami distribusikan kemarin dan hari ini berasal dari dua petani dampingan PAI, sisanya masih menunggu panen” ungkapnya.

Rahman mengatakan, ke depan pihaknya akan terus berupaya melakukan sosialisasi dan memperluas ekspansi kerjasama bersama petani Irigasi Mbay.

“Semoga dukungan dari para pihak ini dapat memberi nilai tambah dan manfaat untuk petani lokal” pungkasnya. (RSN/sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 252

Translate »