Dinsos Nagekeo Bersama TP PKK Serahkan Bantuan Kursi Roda Bagi Kaum Lansia

Mbay, nagekeokab.go.id – Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan kursi roda bagi kaum lansia.

Selasa 24 Mei siang Kepala Dinas Sosial Rufus Raga didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo Ny. Yayik Parwita Gatih dan Kepala Puskesmas Danga Claudia Pau berkesempatan menyerahkan secara langsung bantuan kursi roda kepada Sariah salah satu lansia berusia 95 tahun di RT 06 dusun 02 desa Maropokot, Kecamatan Aesesa.

Kepala Dinas Sosial Kabupatennya Nagekeo Rufus Raga mengatakan, bantuan kursi roda merupakan program Pemkab Nagekeo melalui Dinas Sosial dalam upaya memperhatikan warga yang sudah lanjut usia.

“Dinas Sosial sebagai salah satu lembaga yang mengurus kesejahteraan masyarakat membantu Bupati menangani persoalan kesejahteraan masyarakat, penyandang disabilitas termasuk di dalamnya lansia” ungkap Rufus.

Bantuan tersebut kata Rufus dianggarkan dari DPA Dinas Sosial Tahun Anggaran 2022. Sejauh ini pihaknya sudah menyalurkan bantuan peralatan kepada 10 penerima manfaat sesuai dengan permintaan.

“Untuk itu yang dapat kami harapkan yaitu kerjasama lintas sektor baik itu Dinas Dukcapil dan Pemerintah Desa berkaitan dukungan data berkaitan dengan pendataan kaum disabilitas dan lansia yang belum diperhatikan” pintanya.

Selain intervensi anggaran melalui Dinas Sosial, Pemkab Nagekeo melalui Dinas Kesehatan juga menjalankan program rutin dalam urusan masyarakat lanjut usia.

Kepala Puskesmas Danga Claudia Pau yang juga sempat hadir pada saat penyerahan bantuan tersebut mengatakan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas hingga ke bidan desa rutin melaksanakan posyandu lansia di wilayah desa masing-masing.

“Untuk Lansia yang tidak bisa lakukan aktivitas fisik sendiri kita lakukan kunjungan rumah secara rutin setiap bulan untuk mengecek kesehatan lansia” kata Claudia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo Ny. Tatik Parwita Gatih menyampaikan, kehadiran Pemerintah memberikan bantuan sejumlah fasiltas dan peralatan bantu dari pemerintah merupakan  wujud kepedulian Pemkab Nagekeo tehadap warga lanjut usia.

“Hari ini kami datang untuk mengecek keadaan Nenek Sariah, ternyata nenek membutuhkan bantuan peralatan kursi roda, semoga kursi roda ini bisa bermanfaat bagi nenek dan keluarga yang mengurusnya” ungkap dr. Yayik.

Selanjutnya dr. Yayik berharap kepada seluruh kaum perempuan, baik secara individu maupun melalui kelompok perempuan di desa seperti PKK, dasawisma, agar memiliki rasa kepedulian terhadap kaum lansia yang ada di wilayah masing-masing.

“Harapan saya kepada ibu-ibu, kelompok perempuan bisa peduli terhadap kaum lansia di wilayahnya masing-masing, mari mulai dari diri kita masing-masing untuk bisa menumbuhkan cinta dan kasih sayang serta lebih peduli kepada orang tua kita” pesan dr Yayik.(RSN/Sevrin)

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 177

Translate »