Peringati HLUN 2022, Pemkab Nagekeo Serahkan Bantuan Bagi Kaum Lansia

Mbay, nagekeokab.go.id – Pemerintah Kabupaten Nagekeo melaksanakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke XXVI yang dipadukan dengan Apel Kekuatan Senin, 30 Mei 2022 Aparat Sipil Negara bertempat di halaman Kantor Bupati Nagekeo. HLUN tahun ini mengusung tema “LANSIA SEHAT INDONESIA KUAT”

Setelah selesai Apel Kekuatan Bupati menyapa para Lanjut Usia se Kabupaten Nagekeo yang disiarkan secara langsung melalui Radio Suara Pemerintah Daerah Nagekeo yang diikuti dengan penyerahan bantuan permakanan dan sandang secara simbolis kepada Utusan Lansia oleh Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo.

Turut hadir pada penyerahan bantuan ini yakni Sekretaris Daerah, para Asisten, Kadis Sosial, Kabag Humas, Lurah Lape, Dinas Kominfo dan Perangkat Daerah terkait lainnya.

Hari Lanjut Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei untuk mengapresiasi penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Dengan kondisi alam daerah yang sering mengalami bencana dan berpengaruh terhadap eksistensi lansia terutama kawasan-kawasan yang mengalami bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gempa bumi dan kebakaran yang  berdampak kondisi lansia maka setiap keluarga diharapkan membantu penanganan kondisi ini.

Dalam himbauannya, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengharapkan agar setiap keluarga memperhatikan secara intensif terhadap kebutuhan pokok dasar hidup yakni kesehatan, kebersihan serta makan dan minum yang bergizi sehingga para Lansia tetap sehat dan tidak menjadi beban kehidupan keluarga.

“Para perangkat daerah terkait terus melakukan penjangkauan bagi lansia misalnya melalui Program PIS PK oleh Dinas Kesehatan dan Posyandu Lansia atau bentuk lainnya. Juga Dinas Sosial melakukan pendampingan melalui pelaksanaan program dan kegiatan yang berkelanjutan” tegas Bupati.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nagekeo Rufus Raga menyatakan dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lanjut Usia.

Menurut Rufus, Peraturan Presiden ini  ditujukan agar setiap orang berupaya mewujudkan keberlanjutan hidupnya termasuk lanjut usia yang sejahtera, mandiri dan bermatabat.

“Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian dalam bentuk peringatan Hari Lanjut Usia Nasional” katanya.

Dalam peringatan HLUN tahun ini, Dinas Sosial menyelenggarakan pemenuhan kebutuhan pokok dasar melalui kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar bagi Lansia Terlantar, Anak Terlantar dan Disabilitas Terlantar di Luar Panti Sosial.

“Tahun 2022 ini pelaksanaannya berupa pemberian bantuan permakanan, sandang dan Alat Bantu Disabilitas (ABD) bagi 125 orang yang tersebar di desa dan kelurahan se kabupaten Nagekeo. Permakanan berupa beras, telur, susu, gula dan minyak goreng dan Sandang berupa celana pendek, baju kaos serta sarung” jelas Rufus.

Sedangkan Alat Bantu Disabilitas yang disediakan yakni kursi dorong / kursi roda, tongkat / kruk jepit, tongkat bagi orang buta. Pemberian bantuan ini diprioritaskan bagi mereka yang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah yang secara rutin diberikan setiap bulan oleh Kementerian Sosial pada Program Keluarga Harapan dan Program Bantuan Pangan Non Tunai / Sembako, kecuali pemberian Alat Bantu Disablitas.(RSN/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 66

Translate »