Wakil Bupati Nagekeo Buka Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2022

Kaburea, nagekeokab.go.id – Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Nagekeo tahun 2022.

Kampung nelayan Kaburea di Desa Tendakinde, Kecamatan Wolowae menjadi tuan rumah kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat kabupaten tahun ini.

Asisten 1 Setda Nagekeo Imanuel Ndun yang mewakili Ketua LPTQ Kabupaten Nagekeo Syarifuddin Bhanging, menjelaskan bahwa MTQ merupakan festival keagamaan Islam di Indonesia yang diadakan untuk mengagungkan Al-Quran dengan maksud mulia untuk mendekatkan umat Islam pada kitab suci Al-Quran dengan meningkatkan semangat membaca, mempelajari dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan MTQ ke-VI tingkat Kabupaten Nagekeo tahun 2022 adalah mengimplementasi nilai-nilai Al-Quran dalam mewujudkan kehidupan masyarakat untuk senantiasa rukun, damai dan solider” ungkapnya.

Dijelaskannya, kegiatan MTQ yang mengusung tema “Membumikan Al-Quran, Menjunjung Keberagaman Menuju Nagekeo Damai Maju dan Sejahtera” ini digelar selama 4 hari sejak 15 Juni hingga 18 Juni 2022 dan diikuti oleh 190 peserta dari 6 Kecamatan di Kabupaten Nagekeo.

“Tujuan khususnya adalah untuk menjaring Qori, Qoriah, Hafidzh dan Hafidzah terbaik untuk mewakili kafilah Kabupaten Nagekeo dalam penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2022 di Kota Kupang” ujarnya.

Imanuel menjelaskan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Nagekeo tahun 2022 ini melibatkan 19 orang dewan hakim dan juri yang memiliki keahlian serta dianggap cakap untuk menjalankan tugas sebagai hakim dan juri.

Sementara, kepanitiaan kata Imanuel, berasal dari keterwakilan masyarakat dan unsur pemerintah Kabupaten Nagekeo yang dikukuhkan dengan surat keputusan Bupati Nagekeo Nomor v242/KEP/GK/2022.

Ia merinci, adapun cabang dan bidang yang akan dilombakan meliputi Musabaqah Cabang Tilawah Al-Quran golongan anak-anak, golongan remaja dan golongan dewasa. Kemudian ada Musabaqah Cabang Fahmi dewasa, cabang Syaril, Musabaqah cabang Tahfidz Al-Quran dan Tilawah golongan 1 juz, golongan 5 juz serta Qasidah dan Dai cilik.

Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tema Membumikan Al-Quran, Menjunjung Keberagaman Menuju Nagekeo Damai Maju dan Sejahtera yang diusung pada pelaksanaan MTQ tahun ini merupakan suatu tema sarat makna yang membawa kita pada satu kesadaran hakiki.

Menurut Wabup Marianus tema tersebut mengandung makna sikap hidup umat muslim agar kitab suci Al-Quran benar-benar menjadi panutan dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan dunia yang penuh damai.

Wabup Marianus mengatakan, di tengah lajunya arus modernisasi saat ini, kebanyakan manusia lebih cenderung kehilangan waktu karena dimudahkan dengan kecanggihan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini membuat kebanyakan orang terkesan mental enak, berkurangnya daya juang hingga etos kerja melemah, sehingga berimbas pada kepribadian seseorang menurun. “Bagaikan panah terluncur dari busur menikam perisai, merobek martabat yang Tuhan anugerahkan” ungkap Wabup Marianus.

Marianus mengatakan, Tuhan menciptakan manusia dengan segala perbedaan dan keunikan yang dimiliki setiap orang. Ketidaksamaan bukan dikehendaki, akan tetapi memiliki tujuan bahwa sesama kita adalah bagian dari hidup kita.

Bagi Marianus, perbedaan atau keberagaman itu merupakan kekayaan dan anugerah yang Tuhan berikan kepada umat manusia ciptaannya, oleh karena itu kekayaan menyadarkan kita untuk bisa saling menghargai, menerima, eksistensi setiap individu siapapun dia.

“Keragaman ini tidak boleh dicederai oleh radikalisme, khotbah yang provokatif atau yang memecah belahkan yang melawan kehendak Tuhan, Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Karena apabila ada orang yang dengan paham yang keliru mengendarainya, ia tidak mengakui keesaan Allah dan Muhammad adalah Rasulullah” pungkas Marianus.

Terpantau hadir pada acara pembukaan tersebut Sekda Nagekeo Lukas Mere, perwakilan DPRD Kabupaten Nagekeo, pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Nagekeo, perwakilan Kejaksaan Negeri Bajawa, perwakilan Polres Nagekeo, perwakilan Kodim 1625 Ngada, official para kafilah serta tamu undangan. (RSN/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 237

Translate »