Pemkab Nagekeo Melepas 3 Calon Jemaah Haji

Mbay, nagekeokab.go.id – Pemerintah Kabupaten Nagekeo melepas 3 orang calon jemaah haji tahun 2022 di Aula Setda Nagekeo pada Jumat 17 Juni 2022. Pelepasan ini dilakukan Bupati Nagekeo yang diwakili Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan SetdaNagekeo Imanuel Ndun didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagekeo Marianus Keo, Kabag Kesra Setda Nagekeo, Kabag  Organisasi Setda Nagekeo serta keluarga dari para Jemaah Calon Haji.

Kepala Kantor Agama Kabupaten Nagekeo Marianus Keo dalam laporannya menyampaikan bahwa, Jemaah Calon Haji, mendapat kesempatan  menjalankan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah Al Mukaramah.

Marianus menerangkan, sesuai dengan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) musim haji tahun 2022, jumlah Jemaah Calon Haji Kabupaten Nagekeo yang terdaftar atau daftar tunggu sebanyak  ±316  orang sedangkan yang terjaring dalam Siskohat untuk berangkat tahun 2020 Jemaah Calon Haji sebanyak 8 orang. Akibat pandemi Covid-19,  maka pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 dan 2021 dibatalkan.

“Seiring dengan menurunnya pandemi Covid-19, maka tahun 2022 ini Pemerintah Arab Saudi membuka kesempatan bagi umat Islam sedunia, untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan kuota terbatas, sebanyak 1.000.000 (1 Juta) orang, dengan pembatasan usia maksimal 65 tahun pertanggal 30 Juni tahun 2022“ jelasnya.

Dikatakannya, Jemaah Calon Haji  kuota semula 8 orang namun dengan batasan usia yang ditetapkan yakni  kurang dari 65 tahun maka hanya 3 orang yang memenuhi syarat sedangkan 5 orang lainnya sudah melebihi batasan usia di atas  65 tahun.

“Indonesia mendapat kuota terbanyak  100.051 orang jemaah, dari kuota tersebut Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan kuota sebanyak 303 dan Kabupaten Nagekeo mendapat kuota  3 orang  (laki-laki = 1 orang / perempuan = 2 orang) dengan rincian Jemaah Calon Haji  Kecamatan  Aesesa sebanyak 2  orang dan Kecamatan Mauponggo  sebanyak 1 orang” jelasnya.

Sedangkan yang masuk daftar tunggu sebanyak  ± 316  orang, dengan estimasi keberangkatan selama 22 tahun untuk pendaftar di tahun 2022 ini. Sementara, jamaah calon haji Kabupaten Nagekeo masuk  gelombang ke II kloter 25, rombongan 6 Regu 22.

Hari ini kata Marianus, mereka dilepas secara resmi dan tanggal 18 Juni 2022 Jemaah Calon Haji Kabupaten Nagekeo berangkat dari Bandara Soa – Bajawa ke Kupang dan bermalam di Asrama Haji Kupang. Selanjutnya tanggal 19 Juni 2022 Jemaah Calon Haji berangkat menuju  Surabaya, menggunakan  penerbangan pesawat Lion Air. Jemaah Calon Haji masuk asrama haji Sukolilo Surabaya tanggal 20 Juni 2O22  lanjut ke Tanah Suci pada tanggal 21 Juni 2022, dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Air. “Selama kurang lebih 40 hari di Arab Saudi dan akan kembali ke Indonesia tanggal 2 Agustus 2022” katanya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang telah meluangkan waktu untuk  pelepasan Jemaah Calon Haji Kabupaten Nagekeo Tahun 2022. “Mari kita mendukung perjalanan spiritual Jemaah Calon Haji  dengan doa agar Bapak /Ibu Jemaah Calon Haji  dapat melaksanakan seluruh tahapan dan rangkaian ibadah haji dengan sempurna dan sukses, sehingga dapat kembali di  tengah-tengah kita dengan menyandang sebagai Haji dan Hajjah yang mabrur dan Mabruroh”ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Nagekeo Drs. Imanuel Ndun, MSi, pada kesempatan tersebut mengatakan  persiapan diri sebagai Jemaah Calon Haji  tentunya harus dipersiapkan secara baik dan terencana.

‘’Kalau hari ini ke tiga orang harus diberangkatkan ini bagian dari rencana Tuhan. Tidak ada yang terjadi  karena kebetulan tapi ini merupakan rencana Tuhan, jika ini adalah rencana Tuhan maka yang harus menyukseskan rencana Ilahi ini punya kewajiban dan tanggung jawab moril untuk menyukseskan ini sebagai haji dan hajah “ kata Imanuel.

Menurut Imanuel, tugas utama dan mulia ini harus dilaksanakan dan untuk menyukseskan ini maka perlu didukung dengan keterlibatan semua pihak, baik panitia penyelenggara, Pemerintah maupun masyarakat.

Pemerintah penuh sukacita, kegembiraan dan punya kebanggaan tersendiri apabila  semakin banyak orang dan keluarga kita yang menunaikan ibadah haji dan pulang menjadi Haji dan Hajah.

“Kalau semakin banyak kuota, kami  punya keyakinan kita semakin banyak orang baik,  dikelola oleh orang baik imannya, taqwanya dan kualitas nya baik maka pemerintah tidak mengeluarkan banyak energi untuk mengatasi soal-soal sosial, persoalan rumah tangga, benturan sosial, karena itu ke depan meski kuota kita terbatas tapi pemerintah tetap punya harapan besar ada kemungkinan banyak orang yang akan menunaikan rukun Islam kelima ini” harap Imanuel.

Menutup sambutannya, Imanuel berharap para Jemaah Calon Haji dapat melaksanakan tugas utama dan mulia ini dengan sebaik- baiknya. Ketika kembali dari menunaikan rukun Islam ke lima ini menjadi semakin baik, kualitas komunikasi dan silaturahmi antar kita terus terpelihara sehingga tatanan kerukunan solidaritas ikatan keluarga besar Nagekeo menjadi kuat dan kokoh.

Di akhir sambutan Asisten I melakukan penyematan kartu kesehatan jemaah haji kepada ketiga Jemaah Calon Haji dan diakhiri dengan foto bersama. (Merry/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 211

Translate »