Bupati Nagekeo Menutup Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2022

Kaburea, nagekeokab.go.id – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Nagekeo yang dilaksanakan selama 4 hari sejak 15-18 Juni 2022 di Kaburea, Kecamatan Wolowae resmi ditutup.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do berkesempatan menutup dengan resmi pelaksanaan MTQ ke 6 tersebut dengan resmi. Dalam sambutannya Bupati Don Bosco mengatakan bahwa MTQ melatih para peserta bagaimana melantun dan menghafal ayat-ayat Al-Quran agar semakin hari semakin membaik.

“Kepada lembaga LPTQ sebagai penyelenggara terutama para dewan hakim yang memberikan penilaian, saya berharap agar dari waktu ke waktu kita bisa naik level, sehingga angka-angka yang kita dengar dalam penilaian tadi benar-benar mewakili kualitas pesertanya” ungkap Don Bosco.

Bagi Bupati Don Bosco penyelenggaraan MTQ dengan tema Membumikan Al-Quran di Nagekeo memiliki pesan penting bagaimana ajaran Al-Quran bisa beradaptasi dengan kultur budaya masyarakat setempat maupun yang merujuk kepada Pancasila sebagai Ideologi negara yang sudah diletakkan The Founding Father’s kita Soekarno.

Mengutip salah satu buku karya Almarhum KH. Abdurrahman Wahid yang berjudul ‘Gus Dur dan Pancasila’, Don Bosco mengatakan pada prinsipnya semua agama yang ada di Republik ini mengisi nilai-nilai Pancasila. “Pancasila Sholawat Badar, Pancasila itu wadahnya dan agama-agama itu mengisinya. Jadi penyelenggaraan MTQ ini bagian daripada mengisi sila Ketuhanan itu” ungkapnya.

Sementara, Ketua LPTQ Kabupaten Nagekeo Sharif Bhanging mengatakan, MTQ tahun ini melibatkan 196 peserta dari 6 Kecamatan yang ada di Nagekeo yakni Kecamatan Aesesa, Wolowae, Nangaroro, Keotengah, Mauponggo dan Kecamatan Boawae.

Peserta yang mendapatkan juara dalam perlombaan ini akan mewakili Kabupaten Nagekeo pada MTQ tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang akan dilaksanakan pada 25 Juni 2022 di Kota Kupang.

Sementara, Safar Laga Rema yang mewakili pimpinan DPRD Kabupaten Nagekeo dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing ikut ambil bagian dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah malam hari ini kita sampai kepada penghujung perhelatan MTQ ke 6 tingkat Kabupaten Nagekeo. Kita semua diberikan taufik hidayah serta keberkahan yang luar biasa sehingga perhelatan ini bisa berjalan aman, lancar tertib dan damai” ungkap Safar.

Acara penutupan ini diisi oleh penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba di setiap kategori. Bupati Nagekeo juga berkesempatan menyerahkan piala bergilir kepada Kafilah dari Kecamatan Boawae yang mendapatkan juara umum.

Untuk diketahui MTQ tahun 2024 akan dilaksanakan di Kecamatan Nangaroro.

(RSN/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 79

Translate »