Hadir Pada Pembukaan Wolosambi Youth Day, Ini Pesan Wabup Marianus Kepada Orang Muda

Mauponggo, nagekeokab.go.id – Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja menghadiri acara pembukaan Wolosambi Youth Day IV, OMK St Joanne Baptista Wolosambi, yang dilaksanakan sejak Jumat 17 Juni hingga Jumat 24 Juni 2022 di Kampung Paulundu, Kecamatan Mauponggo.

Kegiatan ini mengusung tema “OMK Dalam Bingkai Budaya dan Agama, Sebuah Panggilan untuk Terlibat dalam Pastoral Tata Dunia”.

Dalam sambutannya, Wabup Marinus menyampaikan beberapa pesan dan catatan berkaitan dengan tantangan orang muda jaman ini dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah bagaimana menghargai orang tua.

“Tantangan berikutnya adalah kurang adanya rasa hormat kepada yang lebih tua. Anak muda untuk menunjukkan eksistensi dirinya dengan kemampuan akademik, dia melihat pikiranku lebih cerdas kalau orang tua harus dengar apa yang saya omong bahkan  memotong pembicaraan. Hormatilah orang tua “pintanya.

Menurut Wabup Marianus, kaum muda saat ini berada dalam persimpangan. Mereka dihadapkan dengan berbagai tantangan yang nyata  baik dalam keluarga maupun lingkungan sosialnya di mana masih banyak orang di antara kita mempertuhankan perjudian serta masih banyak orang mempertaruhkan harta mengabaikan saudara.

“Masih marak perjudian, mama-mama boleh sibuk di rumah, ini sebuah situasi yang membuat anak-anak tidak bisa berkembang. Tantangan yang nyata bagi anak-anak muda” ucap Wabup Marianus.

Tantangan berikutnya kata Wabup Marianus, soal efek penggunaan handphone yang mana orang akhirnya lupa dan tidak lagi menghargai proses.

“Ini barang (HP read-) hebat tapi dia paling bodoh yang bisa kita perintahkan, hasil survei barang ini 30% positif untuk kita tapi 70% sangat buruk bagi hubungan di dalam keluarga kita. Mama bekerja keras di kebun bapak  di kantor. Kita mengharapkan jam 7 malam waktu kebersamaan tetapi apa yang terjadi jam 7 malam bukan makan bersama mama sibuk WA bapak sibuk YouTube, sibuk dengan HPnya masing-masing” ucapnya.

Bruno Sawi, Anggota DPRD Kabupaten Nagakeo pada kesempatan tersebut mengatakan Lembaga DPRD Kabupaten Nagekeo mendukung pelaksanaan kegiatan Wolosambi Youth Day.

Politisi Perindo ini berharap kegiatan seperti ini memberi makna yang luar biasa, bisa menambah khasanah berpikir dan membawa perubahan serta perkembangan orang muda kedepan menjadi lebih baik.

“Orang muda adalah generasi penerus bangsa mempunyai peran dan arti yang luar biasa agar menjadi orang-orang yang membawa pembaharuan, membawa perubahan di dalam keluarga kita” ujaranya.

Bruno mengatakan, kegiatan tersebut menjadi momentum orang muda agar bisa menimba ilmu dari teman-teman lain dari orang-orang yang mempunyai kemampuan dan keahlian untuk menyampaikan hal-hal baru untuk perkembangan orang muda dari sumber yang lain supaya menambah khasanah pikiran kita agar perjalanan ke depan supaya lebih baik dan mantap.

“Kalian sebagai orang muda manfaatkan kesempatan ini sebagai kesempatan yang baik, waktu yang tepat untuk belajar, menimba ilmu” pesan Bruno.

Ketua Panitia Wolosambi Youth Day Jenelius Yuse dalam pemaparannya menyampaikan tujuan kegiatan tersebut antara lain mempererat rasa solidaritas dan soliditas antara sesama Orang Muda Katolik separoki dan sebagai sarana yang strategis bagi Gereja katolik untuk membawa Kristus kepada OMK Wolosambi dengan cara yang khas dan menggairahkan bagi OMK.

Dijelaskannya, kegiatan ini juga untuk mengapresiasi talenta dan bakat Orang Muda Katolik separoki dalam bingkai kekeluargaan dalam semangat iman Katolik, meningkatkan wawasan intelektual dan membentuk karakter serta jati diri OMK dan Menyediakan ruang perjumpaan OMK dan umat stasi dalam persekutuan iman akan Yesus Kristus serta sebagai momen refleksi diri OMK untuk merasakan kedalaman relasi dengan Tuhan dan sesama serta alam ciptaan-Nya.

“Selain kegiatan camping rohani,  berbagai kegiatan lainnya juga dilaksanakan dalam WYD ke IV ini antara lain, kegiatan Pembinaan Rohani, Kegiatan Work Shop, Kegiatan Pertandingan dan Perlombaan serta Kegiatan Baksos” jelasnya.

Hadir dalam acara pembukaan, Anggota DPRD Kabupaten Nagakeo Bruno Sawi, Marselinus Siku, Patrisius Bhoko, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo, Sekcam Mauponggo Tomy Nuga Meo, Moderator Mudika RD.Laurentius Giustiniani Wago Gu, para Ketua Stasi se Paroki Wolosambi, Ketua OMK St.Joanne Babtista Wolosambi, peserta WYD dari 14 Stasi separoki Wolosambi serta para tamu undangan lainnya.(Merry/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 99

Translate »