Tenun Ikat Nagekeo Tampil Di Ajang Bergengsi Bali Fashion Festival 2022

Mbay, nagekeokab.go.id – Sepuluh karya Tenun Nagekeo diperagakan pada perhelatan Bali Fashion Festival di Hotel Hilton Garden Bali pada 18 Juni 2022 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, rancangan busana dibawakan oleh model dari Bali dan mancanegara sebagai salah satu sarana promosi ekonomi kreatif dan pariwisata daerah karena Bali sebagai barometer dan pintu masuk pariwisata Indonesia.

Keikutsertaan beberapa produk tenun ikat Nagekeo ini atas inisiasi Wastra Flora Nusantara yang mengkombinasikan antara tenun khas kabupaten Nagekeo dengan Batik sebagai bentuk karya seni yang artistik.

Sajian busana dengan tema Pelangi di Nagekeo oleh designer Joko SSP tersebut memiliki nilai artistik namun tetap nyaman untuk dikenakan sebagai pakaian keseharian.

Tujuan lain designer memilih ajang ini guna menyampaikan kepada pengunjung tentang keragaman motif tenun Nagekeo seperti  Telopoi, Ragi, Hobanage yang dipadukan dengan corak batik Jawa.

Founder Wastra Nusantara Chris Broto menjelaskan, tenun ikat yang ditampilkan pada event Bali Fashion Festival sebagai salah satu promosi komoditi UMKM Kota Solo dan Kabupaten Nagekeo sekaligus promosi wisata yang efektif karena dilaksanakan di Bali karena Pariwisata mulai bergeliat pasca pandemi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk elaborasi lintas sektor dan kerjasama yang mengangkat potensi ekonomi kreatif dan UMKM kedua belah pihak ” jelas Chris.

Menurutnya, tenun Nagekeo sebagai salah satu warisan budaya tak benda memikat perancang busana Joko SSP untuk memadukan dua wastra nusantara batik dan tenun menjadi sajian busana kreasi yang unik dan menarik.

“Dengan kolaborasi dan perpaduan busana kreasi dapat mengenalkan potensi tenun yang dapat memberikan nilai tambah kepada sektor lain Pemerintah Kabupaten Nagekeo seperti pariwisata, perdagangan dan pendidikan” katanya.(RSN/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 694

Translate »