Bupati Nagekeo Buka Secara Resmi Turnamen Sepakbola Kotim Cup ll

Keo Tengah, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do membuka secara resmi pelaksanaan open turnamen sepakbola Kotim ll Cup di Kampung Mabhapisa, Desa Kotim, Kecamatan Ketengah pada Minggu 10 Juli 2022.

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Nagekeo dr Eduarda Yayik Pawitra Gatih, rombongan Bupati tiba di Kotim sejak pagi. Seremonial pembukaan yang direncanakan dimulai pada pukul 11:00 WITA terpaksa molor akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Keotengah.

Dalam sambutannya, Don mengajak panitia, kontingen tim, official serta seluruh masyarakat yang hadir untuk kembali mengenang jasa para pendahulu yang telah berjasa bagi daerah ini.

“Sebelum kita memulai patut kita mengenang jasa para pendahulu kita, mereka yang pernah memimpin wilayah ini yang memungkinkan kita pada hari ini menikmati fasilitas ini. Mereka semua sudah dengan caranya nepe (mewarisi) kita baik dari nilai dan etos kerja mereka sehingga kita yang lahir kemudian bisa menikmati turnamen ini” ungkap Don Bosco.

Sebagai Bupati, Don Bosco menegaskan bahwa dirinya mendukung penuh pelaksanaan Kotim Cup yang diketahui merupakan murni gagasan masyarakat setempat. Sebab, bagi Don Bosco, Kotim Cup bukan hanya sekedar olahraga yang bertujuan mencari juara ataupun bibit pemain sepak bola berbakat dari setiap klub, akan tetap merupakan sebuah even yang menjadi bagian daripada wisata olahraga (Sport Tourism).

“Turnamen Kotim selayaknya dilaksanakan rutin setiap tahun. Olahraga apa saja termasuk sepakbola ini mengumpulkan orang dan kita bisa lihat di sekeliling ini banyak orang buka warung pasti semua orang akan datang ke tempat ini” kata Don Bosco.

Karena itu, Don Bosco mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk bisa menyebarluaskan informasi melalui media sosial bahwa saat ini turnamen sepakbola Kotim Cup sedang berjalan.

“Kita semua yang pegang Android, foto, share, kirim ke semua teman-teman bahwa mulai hari ini sampai final selama satu bulan ada keramaian yang luar biasa di sini. Dengan demikian akan ada ekonomi bergulir di masyarakat” pesan Don Bosco.

Ketua Panitia turnamen Kotim Cup ll Yohanes Krisostomus Gore dalam laporan panitia mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut murni atas inisiatif masyarakat.

Selain menjadi ajang mencari bibit pemain berbakat, mendongkrak ekonomi masyarakat, pelaksanaan Turnamen Kotim Cup juga bertujuan mengumpulkan dana pembangunan Kantor Desa Kotim.

Dijelaskan Mus Gore, Kotim Cup ll ini bermula dari Kotim Cup l tahun 2019, dan tahun ini masyarakat Kotim bersepakat membangun sebuah kantor desa dengan total budget Rp. 1, 25 Miliar.

“Sumber dana turnamen ini murni dari partisipasi masyarakat Kotawuji Timur ditambah dengan partisipasi 24 tim, karena kami menyadari sepakbola di Nagekeo ini bisa berkembang atas partisipasi masyarakat itu kuat” katanya.

Turnamen tersebut diikuti oleh 24 tim, yang terdiri dari 4 tim asal Kabupaten Ende, 3 tim dari Kabupaten Ngada dan 19 tim dari Nagekeo.

Ia mengajak seluruh tim, official, wasit maupun masyarakat yang ikut menikmati turnamen tersebut untuk bisa menjaga ketertiban sehingga Kotim Cup ll bisa berjalan aman, damai sampai pada partai final nanti.

“Dalam konsep kami masyarakat Kotim, dengan adanya even ini sebagai bentuk dukungan masyarakat Kotim, masyarakat Keotengah untuk sektor pembangunan olahraga” pungkasnya. (RSN/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 341

Translate »