Lantik 5 Pejabat Tinggi Pratama, Berikut Pesan Bupati Nagekeo

Mbay, nagekeokab.go.id – Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengambil sumpah dan melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kabupaten Nagekeo bertempat di Aula Setda Kantor Bupati Nagekeo, Senin 11 Juli 2022.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja; Sekda Nagekeo Drs. Lukas Mere;  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nagekeo Ny.Eduarda Yayik Pawitra Gati, Pabung 1625/Ngada Mayor Inf Dadan Hidayat;  Staf Ahli Bupati dan Para Asisten Sekda; Para Pejabat  Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas; Saksi Rohani Romo RD. Angelinus R.Denny Parisa.

Sebelum dilantik didahului dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Nagekeo Nomor 821.1.BK/DIKLAT/M/1349/07/2022 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Daerah dalam Jabatan  Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kab. Nagekeo dilanjutkan dengan penandatanganan.

Dalam Surat Keputusan disebutkan bahwa dalam rangka pengembangan dan pembinaan karier PNS berdasarkan kualifikasi, kompetensi, penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah,  perlu dilakukan pengangkatan PNS dalam jabatan struktural.

Selain itu juga memperhatikan Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara, Nomor: B 2304/ JP. 00.00/06/2022, tanggal 27 juni 2022 tentang Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Permerintah Kabupaten Nagekeo.

Sesuai Surat Keputusan Bupati Nagekeo dan Berdasarkan Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tersebut memutuskan dan menetapkan 5 orang pejabat  dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang terlantik hari ini sebagai berikut;

1.Beda Venarabilis Bela, SE, M.Si

Jabatan lama Sekretaris Badan Keuangan Daerah Kabupaten Nagekeo jabatan Baru Kepala Badan Keuangan  Daerah Kabupaten Nagekeo

2. Yosefina Hermina Hutmin, SP

Jabatan lama Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan  Kabupaten Nagekeo jabatan baru  Kadis Pangan Daerah Kabupaten Nagekeo.

3.Petrus Aurelius Assan, SP

Jabatan lama Sekretaris Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kab. Nagekeo jabatan baru Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kab. Nagekeo.

4.drg Emerentiana Reni Wahjuningsi, M.HLT dan INT.DEV

Jabatan lama Direktur RSUD Aeramo

Jabatan baru Kadis Kesehatan Kabupaten Nagekeo.

5.Silvester Teda Seda, S.Fil.

Jabatan lama Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Nagakeo Jabatan baru Kadis Pariwisata Kab.Nagekeo.

Bupati  Nagekeo Johanes Don Bosco Do  diawal sambutannya menerangkan bahwa para Pejabat dalam  Jabatan  Pimpinan Tinggi Pratama  yang dilantik  telah mengikuti beberapa tahapan seleksi dan sampai  pada  keputusan Komisi  Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Bahwa hari ini kita baru melantik Pejabat Tinggi Pratama. Kali ini seleksi yang dilakukan bertahap sampai dengan keputusan KASN. Beberapa nilai yg menjadi akumulasi pembobotan yang dilakukan oleh para ASN walaupun pada akhirnya Bupati sebagai PPK menentukan 1 dari 3 nama dalam pembobotan akhir dari KASN” terangnya.

Bupati Don menambahkan jabatan itu merupakan kepercayaan dimana dalam konteks tata kelola pemerintahan pada darah otonom sebagai Kabupaten/Kota , Provinsi, seorang Kepala Daerah/ Walikota dan Gubernur punya kewenangan yang tinggi memilih pembantu-pembantunya. Karena itu, pada kesempatan tersebut kembali di tegaskan soal hierarki jabatan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai seorang Aparatur Sipil Negara ASN).

“Saya ingin tegaskan sekali lagi pada kesempatan ini, hierarki kita jelas. ASN itu puncaknya di Sekda. Sekda dibantu oleh ke tiga Asisten. Secara anatomi jelas sekali, kepala bukan kaki bukan bahu. Yang belum saatnya menjadi bahu apalagi belum saatnya menjadi kepala, jangan bertingkah sebagai kepala.  Itu saya lihat dalam koordinasi kita melalui  WA Group Pimpinan Perangkat Daerah” katanya.

Lanjutnya, terkait pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilakukan hari ini ada beberapa hal yang menjadi perhatian; Pertama, rekam jejak peserta didokumentasi dengan baik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan selanjutnya Sekda merekomendasikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian ( PPK) yaitu Bupati. Kedua,  sejauh mana kandidat menguasai ruang lingkup jabatan yang dilamar yaitu Jabatan Tinggi Pratama.

“Di sana mestinya makalah itu sudah memuat kategori program kebijakan dalam menterjemahkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati  Nagekeo dalam RPJMD. Lihat betul indikator- indikatornya yang berhubungan dengan tupoksi lembaga yang dipimpin.

Kelima pejabat baru dapat mengalokasikan waktu untuk kita berdiskusi tentang yang kalian tulis dengan apa yang kalian kerjakan. Lihat dengan kontrak kinerja yang telah di buat” ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Nilai wawancara menjadi poin ketiga yang turut mempengaruhi pembobotan nilai. Menurutnya penting sekali stability mental seorang pemimpin.

“Lihat betul isi pikiran kita, emosi dan mental kita.  Apakah kita punya kecerdasan emosional, apakah punya mental stability. Ini penting sekali. Bukan orang lain. Sebagai pemimpin kita kuat menunjuk apa yang mau kita tunjuk.  Sebagai seorang manager, kita terampil membuat seluruh tahapan yang akan dicapai untuk bisa mencapai tujuan” katanya.

Yang terakhir adalah Nilai Assesment semua nilai diakumulasi secara keseluruhan dan dikirim ke KASN untuk dilakukan pembobotan. Karena itu, beliau berharap, ke depan para ASN bisa merubah cara dan perilaku yang lebih berkompetitif dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing masing.

Selanjutnya kepada masing masing pejabat terlantik Bupati Don Bosco  menyampaikan harapannya.

Kepada Kadis Keuangan Beda Venerabilis Bella, Bupati  Don menaruh harapan bisa meningkatkan Pendapatan Daerah dan menjalin kerjasama dengan semua perangkat daerah.

“Bersyukur bahwa pengalaman sebagai Sekretaris Badan Keuangan Daerah membantu kamu menguasai ruang lingkup kerja. Dengan dasar pendidikan (SE.M.Si) dan pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh, kamu mendapatkan bobot nilai pada katagori nilai yang kamu peroleh menjadi nilai tertinggi” jelasnya.

“Selain itu kita masih menyatukan Bidang Pendapatan dengan Keuangan.  Oleh karena itu  bersama ketiga asisten  yang membidangi,  bekerja sama dengan  semua perangkat daerah yang bisa membantu menaikan Pendapatan Asli Daerah. Saat ini yang besar adalah Galian C Proyek Strategi Nasional. Saya minta ini dikoordinasi secara baik” pintanya.

Selanjutnya kepada Yosefina Hutmin, Kadis Pangan Daerah Kabupaten Nagakeo, Bupati Don berharap bekerja lebih ke hulu. Untuk kecukupan pangan masyarakat selain distribusi pangan dan ketersediaan pangan, juga hal yang menjadi fokus perhatian adalah Program Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL).

“Selain urus nutrisi, ibu saya minta perhatian  untuk menggarap betul KRPL,  ketercukupan gizi  masyarakat baik ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, remaja putri.  Peran ibu tidak hanya memastikan ketersediaan pangan dan distribusi pangan tetapi hal penting lainnya bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK sebagai partner strategis.  Kalian bisa menolong mengatasi masalah stunting dan gizi dengan bekerja dari hulu” harap Bupati Don.

Kepada  Aurelius Assan Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja yang baru diminta perhatiannya pada angkatan kerja yang terus bertumbuh setiap tahunnya. Terkait hal ini, diminta bersinergi bersama  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merevisi kembali Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang muda terutama pada kolom pekerjaan disesuaikan dengan rencana masa depannya.

“Kerja sama dengan Dukcapil. Saya minta edit kembali KTP khusus remaja, OMK, Karang Taruna, Remaja Masjid. Orang muda harus bisa merevisi  KTP. Pekerjaan harus ditulis sesuai dengan  rencana mereka.  Besok- besok ketika hidup berkeluarga nanti  mereka menghidupi keluarga dengan bekerja apa. Ini penting sekali. Pengisian kolom pekerjaan jelas, sehingga ketika kita minta sesuatu ke kementerian / lembaga, pekerjaan itu dicantumkan” terangnya.

Sedangkan Kadis Kesehatan dr. Reny Wahjuningsi yang sebelumnya pernah menjabat Kadis Kesehatan Kabupaten Ngada dan Direktris RSUD Aeramo kepadanya Bupati Don berharap segera membenahi Rumah Sakit Pratama Raja dan juga soal distribusi Tenaga Kesehatan.

“Dalam waktu dekat ini,segera melihat kembali Rumah Sakit Pratama Raja yang mau PHO, kondisi rumah sakit dan kekurangannya yang banyak sekali, pertama; air, kedua; Jalan masuk dan ketiga pengamanan, pagar tembok penyokong/penguat”.

Selanjutnya Bupati Don juga berharap adanya jadwal kunjungan ke setiap Pustu dan polindes. Menurutnya selama ini banyak  polindes dan Pustu yang tidak dikunjungi petugas.

“Banyak  sekali polindes dan Pustu kita yang perlu  dikunjungi. Bukan pada pelaporan dan  penyampaian melalui WA. Kita diharapkan datangi langsung ke pustu – pustu, melihat langsung  dan perlakuan kita terhadap fasilitas kesehatan seperti apa’ harapnya.

Terakhir kepada  Silvester Teda Sada, S.Fil Kadis Pariwisata yang baru, Bupati Don berharap mantan Kabag Protokol dan Kompim Setda Nagekeo dapat bekerjasama dan bersinergi dengan semua pihak dalam upaya memajukan  pariwisata Nagakeo sebagaimana visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo yakni Mewujudkan Masyarakat Nagekeo yang Sejahtera, Nyaman dan Bermartabat melalui Sektor Pertanian dan Pariwisata.

“Di Pariwisata yang utama dari visi RPJMD sektor Pertanian dan Pariwisata. Pariwisata kita sudah punya dokumen rencana pariwisata. Kita sudah bagi wilayah ke dalam lima (5) Ring of Tourism sebagai zonasi wisata yakni Ring of Mbay, Ring of Ebulobo, Ring of Kota Jogo-Kinde, Ring of Koto dan Ring of Lena. Satu persatu dilihat kembali..” ungkapnya.

Lanjutnya ia berpesan agar dalam menjalanakan tugas dan tanggung jawab harus didasari dengan semangat yang penuh kerendahan hati.

“Dengan rendah hati bekerja dengan para pihak yang bisa memberikan saran praktis. Saya minta untuk diperhatikan betul. Di sana Pak Sil bekerja sama dengan sekian banyak partner. Di pariwisata, ini diperhatikan dengan sungguh sungguh. Para pihak yang bekerja sama dengan kita harus senang, happy. Kalau mereka happy  mereka bisa bekerja  memberikan semua yang terbaik  buat kita. Jadi harus ditahan – tahan apa saja reaksi, harus dipikirkan dulu, agar teman- teman yang bekerja di sekitar kita, yang membantu kita mencapai indikator kinerja bisa menjadi optimal “harap Bupati Don. Protkompim(Merry / Tim Humas NK)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 110

Translate »