Tenun Ikat Nagekeo Tampil di Herborist Bali Fashion Carnival 2022

Mbay, nagekeokab.go.id – Setelah tampil memukau dalam ajang Bali Fashion Week pada beberapa waktu lalu, kini Tenun Ikat Nagekeo kembali mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti Bali Fashion Carnival yang akan diselenggarakan Minggu 17 Juli 2022.

Tenun Nagekeo yang diwakili oleh perancang busana Joko SSP dari Wastra Flora Nusantara ini akan bersanding dengan busana karya designer ternama dari berbagai daerah di ajang tersebut.

Sebanyak 20 karya akan ditampilkan dengan berbahan dasar tenun motif Telopoi, Ragi, Hoba Nage hasil pengrajin lokal desa melalui kerjasama pemasaran dengan dinas Koperindag dan Dekranasda Kabupaten Nagekeo.

Menurut Chris Broto selaku Founder Wastra Flora Nusantara kegiatan yang dilaksanakan di Bali Secret Garden Village Bedugul diikuti oleh 20 designer yang diseleksi secara kualitas dengan kurasi yang ketat. “Rancangan busana yang disajikan semakin bervariasi dengan perpaduan antara tenun motif Nagekeo dan batik yang akan digunakan oleh sejumlah model profesional pilihan dan ternama dari dalam dan luar negeri” jelas Chris.

Dalam menghadapi ajang bergengsi ini,  team Wastra Flora Nusantara melakukan berbagai persiapan, sebab, dianggap sebagai momentum luar biasa sebagai salah satu sarana menyampaikan potensi ekonomi kreatif Kabupaten Nagekeo di depan khalayak undangan khusus.

Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja bersama Sekretaris Dinas Pariwisata Rustien Triatmi, SP akan menghadiri kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan membangun jejaring antar stakeholder sebagai strategi pengembangan pengrajin tenun Nagekeo dengan ekosistem kreatif.

Menurut Chris, komoditi tenun ini, bukan semata-mata sebagai bentuk promosi hasil produksi UMKM berbasis masyarakat semata, akan tetapi juga menjadi ajang penguatan tes pasar di luar daerah yang bersanding dengan karya-karya dari desainer lainnya untuk meningkatkan kepercayaan diri pemerintah daerah melalui sektor-sektor terkait.

Sehingga, daya cipta kreasi busana ini wujud nyata bahwa tenun Nagekeo dilirik oleh sektor bisnis yang berpeluang mendapatkan pasar penjualan langsung melalui event yang dilaksanakan di pusat pariwisata dunia pada waktu yang tepat.

“Karena masa pasca pandemi sebagai salah satu momentum pemulihan ekonomi daerah dari sektor tenun dengan nilai tambah ekonomi kreatif dengan kerjasama Pentahelix” ungkap Chris. (RSN/Sevrin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 851

Translate »